Pramuka diharapkan bantu wujudkan generasi emas di Kotim

id Pramuka diharapkan bantu wujudkan generasi emas di Kotim, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, halikinnor

Pramuka diharapkan bantu wujudkan generasi emas di Kotim

Bupati Halikinnor ikut senam bersama peserta peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 di Sampit, Jumat (22/9/2023).  ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor berharap Pramuka di daerah ini menjadi wadah dalam membantu mewujudkan generasi emas yang nantinya akan membawa kemajuan dan kemakmuran yang lebih baik lagi bagi daerah ini. 

"Harapan kita generasi muda Pramuka nanti menjadi generasi penerus estafet kepemimpinan, khususnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Halikinnor saat peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 di Sampit, Jumat. 

Halikinnor memimpin upacara yang diikuti sekitar seribu anggota Pramuka. Peserta terlihat sangat antusias dan disiplin selama mengikuti kegiatan tersebut. 

Menurut Halikinnor, usia 62 tahun sejatinya termasuk berusia lanjut. Namun bagi Pramuka, menginjak usia ini justru membuat semakin bersemangat dalam berbagai kegiatan membantu masyarakat. 

Halikinnor mengaku bangga dengan kiprah Pramuka di Kotawaringin Timur. Beberapa kali digelar pemilihan Kwartir Cabang Tergiat di Kalimantan Tengah, Kotawaringin Timur selalu menjadi langganan meraih penghargaan tersebut hingga kini apresiasi itu tidak digelar lagi. 

Baca juga: PDIP Kotim tanggapi kesiapan Supian Hadi jadi calon gubernur

Pramuka Kotawaringin Timur juga menjadi langganan mewakili Kalimantan Tengah di berbagai kegiatan di tingkat nasional, bahkan internasional. Bahkan di sela upacara ini, Halikinnor memberangkatkan seorang anggota Pramuka daerah ini yang akan mengikuti Raimuna Internasional di Pahang Malaysia. 

Selama ini Pramuka telah berkiprah besar di negara dan daerah ini. Pramuka menjadi wadah membentuk karakter generasi muda yang berakhlak dan berjiwa sosial tinggi. 

Kiprah tersebut juga dirasakan masyarakat Kotawaringin Timur. Pramuka turut membantu berbagai kegiatan seperti penanggulangan bencana, arus mudik dan kegiatan sosial lainnya. 

Hal yang membanggakan, Pramuka dapat mencegah generasi muda dari kenakalan remaja dan tindakan negatif lainnya. Pramuka juga mengarahkan generasi muda meningkatkan kemampuan sehingga dapat diandalkan menjadi pemimpin. 

"Harap Pramuka melahirkan pemimpin di eksekutif, legislatif, tokoh masyarakat, tokoh agama dan banyak lagi. Kita tidak tahu nasib mereka. Harapan kita dengan peningkatan sumber daya manusia dan era teknologi saat ini, Kotim tidak tertinggal. Bahkan, bisa mampu menjadi yang terbaik," demikian Halikinnor. 

Baca juga: 253 calon kepala desa bersaing di pilkades serentak Kotim

Baca juga: Bulog pastikan stok beras di Kalteng aman

Baca juga: Dishanpang Kalteng-Bulog sepakat percepat distribusi untuk kendalikan harga beras