PT KMB BGA Group jalankan CSR bantu pemasangan listrik Desa Sungai Hanya

id PT KMB BGA Group jalankan CSR bantu pemasangan listrik Desa Sungai Hanya, kalteng, kotim, sampit, kotawaringin timur, bga, bga group, kmb

PT KMB BGA Group jalankan CSR bantu pemasangan listrik Desa Sungai Hanya

Manajemen PT Karya Makmur Bahagia (KMB) Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group merealisasikan CSR berupa bantuan Rp80 juta untuk pemasangan instalasi listrik rumah warga Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang sehingga warga bisa menikmati pasokan listrik dari PT PLN, Jumat (29/9/2023). ANTARA/HO-PT KMB

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Karya Makmur Bahagia (KMB) Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group kembali merealisasikan program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab perusahaan mereka, kali ini dengan membantu kelistrikan di Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Program CSR ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sungai Hanya, tentunya agar desa menjadi terang benderang dengan perkembangan teknologi pada saat ini," Area Controller PT KMB BGA Group, Indra Yapet saat penyerahan bantuan, Jumat. 

Bantuan ini merupakan upaya PT KMB membantu masyarakat. Pihak perusahaan berupaya terus meningkatkan hubungan yang baik dengan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar perusahaan PT KMB BGA Group. 

Kali ini bantuan yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan penunjang pengembangan dan peningkatan ekonomi desa dalam bidang peningkatan infrastruktur melalui program CSR yaitu salah satunya dalam program listrik Desa Sungai Hanya.

Dalam kegiatan ini, PT KMB memberikan bantuan biaya untuk pemasangan KwH meter listrik dari jaringan listrik PT PLN ke rumah-rumah warga di Desa Sungai Hanya. 

Indra Yapet menjelaskan, untuk mewujudkan bantuan kelistrikan tersebut PT KMB BGA Group mengeluarkan biaya sebesar Rp80 juta. Bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat Desa Sungai Hanya dalam pembayaran biaya pemasangan KWH listrik kepada PLN.

Pemberian bantuan dana untuk pemasangan KWH listrik Desa Sungai Hanya ini, kata dia, sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat agar nantinya dapat membantu meringankan dalam pembiayaan kepada PLN. 

Bantuan ini juga tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan komunikasi, menjadikan Desa Sungai Hanya menjadi desa yang terang, serta mendorong agar desa ini menjadi desa yang lebih maju. 

"Kami berharap hubungan maupun kolaborasi masyarakat Desa Sungai Hanya bersama perusahaan dan Investor yang ada di wilayah Desa Sungai Hanya, khususnya dengan PT KMB BGA Group lebih harmonis, termasuk melalui program-program CSR lainnya," demikian Indra Yapet. 

Bantuan dari PT KMB BGA Group di bidang kelistrikan desa ini sangat disambut baik oleh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat dan Pemerintah Desa Sungai Hanya. 
Warga Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang sangat antusias saat Manajemen PT Karya Makmur Bahagia (KMB) Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group merealisasikan CSR berupa bantuan Rp80 juta untuk pemasangan instalasi listrik sehingga warga bisa menikmati pasokan listrik dari PT PLN, Jumat (29/9/2023). ANTARA/HO-PT KMB

Kepala Desa Sungai Hanya, Roby S mengatakan, program listrik desa sudah lama dinantikan oleh seluruh masyarakat. Masyarakat sangat berterima kasih karena PT KMB BGA Group telah berpartisipasi membantu mewujudkan impian ini. 

“Ribuan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perusahaan BGA Group, dalam hal ini PT KMB yang selalu hadir dan berkomitmen dalam kegiatan pembangunan desa kami," ujar Roby. 

Menurutnya, melalui program CSR yaitu bantuan program listrik desa, pemerintah dan masyarakat setempat menjadi saksi nyata bahwa PT KMB yang membantu Desa Sungai Hanya diawali dalam hal pelebaran jalan untuk pemasangan tiang listrik, kemudian dilanjutkan penebangan aset pokok kelapa sawit perusahaan PT KMB yang menjadi salah satu syarat untuk standar pemasangan tiang listrik ini yang dimulai dari tahun 2022 lalu.

Hari ini masyarakat Desa Sungai Hanya sangat berbangga dan berterima kasih atas bantuan dana sebesar Rp80 juta ini yang sangat membantu masyarakat untuk merasakan listrik PLN ke depannya. 

"Kami seluruh masyarakat Desa Sungai Hanya, hanya dapat membalas dengan doa semoga perusahaan BGA Group menjadi perusahaan yang maju bersama masyarakat sekitar," harap Roby. 

Program bantuan listrik ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Kecamatan Antang Kalang. Sekretaris Kecamatan Antang Kalang Paryoto mengucapkan terima kasih kepada PT KMB yang selalu hadir dalam kegiatan sosial dan program CSR yang bersifat untuk meningkatkan ekonomi desa dan infrastruktur desa Kecamatan Antang Kalang.

Saat ini masyarakat Desa Sungai Hanya diberi bantuan untuk mengurangi beban masyarakat melalui program listrik desa. Pihaknya juga yakin PT KMB adalah perusahaan yang mematuhi segala aspek administrasi maupun pelaksanaannya menjadi investor terkemuka dan maju bersama kemitraan desa sekitar wilayah BGA Group. 

"Kami selaku Pemerintah Kecamatan Antang Kalang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Sungai Hanya, jadilah masyarakat yang berpikiran maju. Jagalah ketertiban umum serta menjalin hubungan baik bersama perusahaan yang ada di sekitar wilayah Desa Sungai Hanya," ujar Paryoto. 

Sajeli, perwakilan warga Desa Sungai Hanya juga mengucapkan terima kasih kepada PT KMB atas semua bantuan yang diberikan selama ini, termasuk bantuan kelistrikan ini. Bantuan-bantuan itu dirasakan sangat membantu masyarakat setempat. 

"Kami berharap hubungan antara PT KMB dengan masyarakat Desa Sungai Hanya lebih baik ke depannya dan maju dengan program CSR lainnya," demikian Sajeli. 


Baca juga: BGA Group kembali berangkatkan umrah 17 pemanen sawit terbaik

Baca juga: BGA Group dan Polres Kotim kembali distribusikan ribuan paket sembako murah

Baca juga: Kementan bantu 4.000 bibit lengkeng untuk poktan binaan BGA