Hujan es kagetkan warga Desa Babai Barito Selatan

id Hujan es kagetkan wargaDesa Babai Barito Selatan, kalteng, barsel, Barito Selatan, hujan es

Hujan es kagetkan warga Desa Babai Barito Selatan

Foto butiran es saat hujan yang terjadi di Desa Babai, Minggu (22/10/2023). ANTARA/Istimewa

Buntok (ANTARA) - Warga Desa Babai Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, dikagetkan oleh fenomena tidak lazim yaitu hujan disertai butiran es.

"Fenomena hujan deras yang disertai dengan butiran es tersebut terjadi pada Minggu siang (22/10) sekitar pukul 13.00 WIB," kata Mariatul Sarkiyah warga setempat, Minggu malam.

Ia menerangkan, hujan deras yang disertai dengan butiran es yang terjadi di Desa Babai ini berlangsung sekitar kurang lebih sekitar satu jam.

"Saat hujan deras, atap rumah terdengar klotak-klotak dan setelah saya melihat ternyata ada butiran es," jelasnya.

Mariatul pun kemudian berinisiatif langsung mendokumentasikan fenomena alam yang baru pertama kali terjadi di desanya itu dengan kamera pada telepon selulernya.

Baca juga: DMI Barsel tingkatkan kegiatan memakmurkan masjid

Sementara Hendry Fendry warga lainnya mengatakan, sebelum hujan es tersebut,  sempat terjadi angin ribut yang disertai dengan kilat dan petir. 

"Sekitar 5 hingga 10 menit kemudian, hujan turun dengan sangat deras," terangnya.

Pada saat hujan, kata dia, terdengar suara aneh di atas rumah seperti suara batu kerikil dan dirinya melihat ada seperti batu kristal yang masuk ke celah jendela dan setelah dipegang ternyata butiran es.

Sementara warga lainnya, Hafifah Nadela Milenia mengatakan, pada saat itu memang hujan sangat deras yang disertai dengan petir, sehingga dirinya tidak berani keluar rumah.

"Setelah sore hari, banyak warga yang membagikan foto dan video fenomena alam yang langka terjadi tersebut pada media sosial facebook," tambah dia.

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga Desa Babai lainnya membagikan foto dan video terkait dengan fenomena hujan es tersebut pada akun facebooknya masing-masing.

Baca juga: Hari Santri momentum merefleksikan peran jayakan negeri

Baca juga: Anggota DPRD Barsel ini nyatakan isu beredar terkait nilai tender proyek APBD 2023 hoaks

Baca juga: Pj Bupati minta masyarakat Barito Selatan jaga stabilitas politik jelang pemilu