Bupati Kotim sebut pers berperan sebagai pengingat

id Bupati Kotim sebut pers berperan sebagai pengingat, kalteng, Sampit, kotim, pemkab kotim, bupati kotim, Halikinnor, kotawaringin Timur, PWI kotim, PWI

Bupati Kotim sebut pers berperan sebagai pengingat

Bupati Halikinnor berbincang dengan Rado, salah satu pengurus PWI Kotawaringin Timur saat acara 'Ngopi Bareng PWI' di aula rumah jabatan bupati, Senin (23/10/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor menilai keberadaan pers dan wartawan sangat penting dalam kemitraan dengan pemerintah daerah karena bisa menjadi pengingat jika ada kebijakan yang berpotensi melenceng dari aturan. 

"Keberadaan PWI dan kawan-kawan sangat berperan. Selain membantu mempublikasikan program pembangunan, pers juga menjadi pengingat agar pemerintah tidak terjerumus pada kesalahan," kata Halikinnor di Sampit, Senin malam. 

Hal itu disampaikan Halikinnor saat acara 'Ngopi Bareng' di aula rumah jabatan bupati. Acara ini dihadiri pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Timur serta kepala satuan organisasi perangkat daerah setempat. 

Halikinnor mengaku yakin wartawan di Kotawaringin Timur bekerja profesional. Kritik dan saran yang diberikan melalui pemberitaan bertujuan untuk kebaikan bersama, khususnya dalam mengakomodasi aspirasi masyarakat. 

Tidak jarang pula justru dari berita di media massa, pemerintah mendapat masukan setelah adanya tanggapan masyarakat terhadap program pembangunan yang akan dijalankan. 

Baca juga: Kotim turut wakili Kalteng di Pesparani Nasional

Untuk itulah Halikinnor mengaku selalu membuka diri terhadap pers. Bahkan ketika kegiatan padat pun, dia selalu menyempatkan waktu menjawab pertanyaan para wartawan. 

Baginya, komunikasi dan kemitraan yang baik sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah. Pers menjadi mitra yang mempunyai peranan penting dalam membantu pemerintah. 

"Makanya saya tegaskan, jangan ada kepala SOPD yang alergi terhadap wartawan atau media. Kita justru terbantu dengan keberadaan kawan-kawan wartawan. Kalau ada masalah, tentu bisa dibicarakan dengan baik karena semua hanya masalah komunikasi dan cara penyampaian yang tepat," ujar Halikinnor. 

Sekretaris PWI Kotawaringin Timur, Nako menyambut baik acara silaturahim tersebut dan berharap bisa digelar secara rutin. Dia juga berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah, khususnya bupati kepada PWI selama ini. 

"Kami berharap kemitraan ini akan terus bisa kita tingkatkan demi mendukung pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur yang lebih baik lagi," demikian Nako. 

Baca juga: Kotim memasuki transisi pemulihan karhutla

Baca juga: Disdik Kotim apresiasi program Kemenkeu Mengajar jangkau sekolah di kecamatan

Baca juga: KPU Kotim edukasi santri melalui nonton bareng film 'Kejarlah Janji'