Bupati Kotim janji upayakan kantor untuk Bawaslu

id Bupati Kotim janji upayakan kantor untuk Bawaslu, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, pemkab kotim, Halikinnor, Natsir, dlu koti

Bupati Kotim janji upayakan kantor untuk Bawaslu

Bupati Halikinnor dan Ketua Bawaslu Kotawaringin Timur Natsir saat penandatanganan berita acara hibah dana pilkada dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur kepada Bawaslu setempat, Senin (30/10/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor berjanji akan mencarikan bangunan yang representatif untuk bisa dimanfaatkan menjadi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat agar mereka bekerja dengan lebih nyaman. 

"Dalam waktu dekat kita akan ada penggabungan SOPD (satuan organisasi perangkat daerah) sesuai nomenklatur yang baru, jadi nanti mudahan ada kantor yang bisa kita pinjam pakaikan untuk Bawaslu," kata Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Hal ini disampaikannya menanggapi harapan Bawaslu kepada pemerintah daerah agar bisa membantu bangunan kantor yang representatif. Selama ini Bawaslu menempati bangunan yang mereka sewa dari pihak lain. 

Menanggapi itulah Halikinnor memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti ini. Inventarisasi akan dilakukan untuk melihat bangunan mana yang bisa dipinjamkan untuk dijadikan kantor Bawaslu. 

Baca juga: Pemkab Kotim kembali pinjamkan gedung olahraga untuk penyimpanan logistik pemilu

Ini sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur kepada Bawaslu. Selain itu, pemerintah kabupaten juga memberi hibah dana sebesar Rp10 miliar kepada Bawaslu terkait pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur pada 2024 nanti. 

"Kita semua tentu mendukung agar Bawaslu bisa bekerja dan menjalankan tugas dengan baik. Masalah belum adanya kantor ini akan kami tindak lanjuti. Mudah-mudahan bisa segera kita bantu," ujar Halikinnor. 

Ketua Bawaslu Kotawaringin Timur, Natsir menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah selama ini, baik dalam bentuk hibah dana maupun bentuk lainnya. Pihaknya sangat berterima kasih jika pemerintah daerah juga bisa membantu Bawaslu terkait gedung untuk kantor. 

"Selama ini, khususnya selama lima tahun sejak definitif menjadi badan (Bawaslu) kami masih menyewa untuk kantor. Mudah-mudahan ke depannya ada dukungan agar kami bisa ada kantor atau gedung yang memang belum terpakai atau tidak terpakai di Pemkab Kotim. Jadi bisa kami manfaatkan untuk kantor supaya kami tidak perlu menyewa lagi, " demikian Natsir. 

Baca juga: Kejari Kotim tegaskan komitmen sukseskan pemilu

Baca juga: Pemuda Kotim diajak teladani semangat dan mental pejuang

Baca juga: Pemkab Kotim-Bea Cukai Sampit tingkatkan sinergitas optimalkan potensi PAD