Dua rumah warga di Kapuas ludes terbakar

id Duarumah warga di Kapuasterbakar, kalteng, kapuas, kebakaran

Dua rumah warga di Kapuas ludes terbakar

Kebakaran di Jalan Mahakam Kuala Kapuas menghanguskan dua unit rumah warga setempat, Jumat (3/11/2023). ANTARA/HO-warga

Kuala Kapuas (ANTARA) - Musibah kebakaran menghanguskan dua rumah warga di Jalan Mahakam RT 07, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, pada Jumat (3/11) sore.

"Kejadian sekitar pukul 14.10 WIB. Data sementara kebakaran menghanguskan dua unit rumah dengan jumlah dua kepala keluarga atas nama H Sarman dan Hj Masniah/Usuf," kata Camat Selat, Yaya Setiabudi saat dikonfirmasi.

Keluarga Sarman terdiri dari 5 orang anggota keluarga di antaranya 1 orang masih sekolah MAN, 1 orang MTs dan 1 orang autis. Sedangkan keluarga Masniah/ Usuf terdiri 4 orang anggota keluarga, di antaranya 2 orang masih Sekolah Dasar.

Belum diketahui asal api dalam peristiwa yang terjadi. Kejadian ini masih diselidiki pihak berwajib.

"Demikian dengan kerugian juga masih dilakukan inventarisir," terangnya.

Bangunan yang terbakar, terbuat dari semi permanen dan kayu sehingga sangat cepat membesar. Api bisa diatasi dan dipadamkan sekitar 15 menit kemudian oleh petugas Damkar atau BPK gabungan, Damkar Pemda/Satpol PP, BPBD Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Pemkab Kapuas segera menerapkan aplikasi tambahan penghasilan pegawai

Sedangkan untuk korban jiwa dalam musibah yang terjadi ini dipastikan tidak ada. Petugas saat ini masih melakukan pendataan terhadap warga terdampak kebakaran tersebut.

Sementara dari informasi yang terhimpun, api berkobar cukup besar dari salah satu bangunan rumah warga yang tepat berada di pinggir Jalan Mahakam, Kuala Kapuas.

Kepulan asap hitam sempat terlihat membubung tinggi dari kejauhan. Api juga dengan cepat membakar bangunan semi permanen dan kayu tersebut.

Sontak, warga sekitar pun berdatangan berusaha melakukan upaya pemadaman. Tidak berselang lama, pemadam kebakaran gabungan pun tiba di lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

Petugas pemadam kebakaran bersama warga berjibaku memadamkan api agar tidak meluas ke bangunan lainnya, hingga selang beberapa menit kemudian api sudah mulai bisa dikendalikan dan berhasil dipadamkan.

Baca juga: Pemkab Kapuas beri dana hibah anggaran untuk KPU dan Bawaslu

Baca juga: KUA PPAS 2024 Kapuas disepakati

Baca juga: Diskominfo Kapuas tingkatkan kerja sama dengan ANTARA Kalteng