Penjabat Bupati Kapuas minta optimalisasi dua intervensi dalam penanganan stunting

id pemkab kapuas, penjabat bupati kapuas, erlin hardi, kapuas, kalteng, kalimantan tengah

Penjabat Bupati Kapuas minta optimalisasi dua intervensi dalam penanganan stunting

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi memberikan bantuan kepada masyarakat di Kuala Kapuas, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi meminta optimalisasi dalam upaya penurunan stunting atau gangguan pertumbuhan dilakukan melalui dua intervensi yakni intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.
 
“Yang akan efektif jika dilakukan secara konvergen bersama-sama dan terintegrasi oleh semua unsur,” kata Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam rembuk stunting kabupaten dengan tema "Gerakan Bersama Menuju Kapuas Bebas Stunting" di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.
 
Menurutnya, pencegahan stunting penting dilakukan sejak dini untuk menghindari dampak yang merugikan, yakni terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan otak anak.
 
”Akar masalah stunting demikian kompleks, menyangkut ketersediaan asupan gizi dan ketahanan pangan, pola asuh, penyiapan kehidupan berkeluarga berkualitas, akses pelayanan kesehatan bermutu dan merata, serta akses sanitasi dan air minum layak,” terangnya.

Baca juga: Legislator Kapuas: BPBL beri banyak manfaat bagi masyarakat
 
Lebih lanjut dia mengatakan, rembuk stunting tersebut sekaligus sebagai wadah evaluasi kinerja penanganan stunting yang sudah dilaksanakan selama ini.
 
”Hasil kegiatan rembuk stunting ini menjadi dasar gerakan percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kapuas melalui penetapan lokus prioritas intervensi dan integrasi pelaksanaan program atau kegiatan yang dilakukan antar perangkat daerah, penanggung jawab layanan dan partisipasi masyarakat,” tuturnya.
 
Melalui kegiatan tersebut, Erlin mengharapkan rembuk stunting tersebut dapat membangun komitmen bersama untuk segala upaya percepatan penurunan stunting di Kapuas sesuai lingkup kewenangan dan tugas masing-masing.
 
Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah Jeanny Yola Winokan, Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi, Asisten Administrasi Umum Ahmad M. Saribi, serta lainnya.

Baca juga: Berikut hasil pemilihan Ketua KONI Kapuas

Baca juga: Polisi tangkap pelaku pembunuhan di Desa Sei Kapar Kapuas

Baca juga: DPRD Kapuas segera sahkan raperda penambahan penyertaan modal di Bank Kalteng