Ganjar temui siswa SMP yang lamar kerja ke Korsel

id Ganjar Pranowo, Samsul Hadi,Purwodadi,lamar kerja ke Korsel

Ganjar temui siswa SMP yang lamar kerja ke Korsel

Bakal calon presiden yang diusung untuk Pemilihan Presiden 2024 Ganjar Pranowo bertemu calon pekerja migran Indonesia program G to G Korea Selatan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden (Capres) 2024 Ganjar Pranowo menemui siswa SMP asal Purwodadi, Jawa Tengah, Samsul Hadi, yang melamar pekerjaan ke Korea Selatan di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Padahal sekolah SMA/SMK gratis, kamu lulusan tahun berapa?" kata Ganjar saat Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar acara pembekalan kepada 1.500 peserta Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Samsul mengatakan dirinya lulus SMP tahun 2014 namun karena terkendala ekonomi keluarga, dia akhirnya harus putus sekolah.

Menurut Ganjar pihaknya baru mulai menggratiskan biaya pendidikan SMA di Jawa Tengah pada 2014

Gubernur Jawa Tengah 2013-2023 itu lantas melanjutkan komunikasi dengan Samsul.

Baca juga: Cerita Ganjar soal milenial tak mau masuk parpol, tapi tertarik jadi presiden

Tawa hadirin pun pecah karena dialog-dialog Ganjar dan Samsul sangat apa adanya.

Ketika Ganjar menanyakan bagaimana cara Samsul untuk bekerja di luar negeri dengan ijazah SMP.

Samsul menjawab singkat, "Alhamdulillah (seakan dirinya beruntung)."

Padahal Samsul mesti lulus tes yang diadakan di Semarang, yaitu tes menjawab 10 soal mendengarkan (listening) dan 10 soal membaca (reading).

"Pak Benny (Benny Rhamdani-Kepala BP2MI) harus tanggung jawab nih, Pertanyaannya apa kok dijawab Alhamdulillah saja," kata Ganjar.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud: Waspadai sabotase suara

Ganjar pun salut dengan kualitas berbahasa Korea Selatan yang dimiliki Samsul. Samsul mengaku untuk mempelajari bahasa asing, dirinya membutuhkan waktu delapan bulan.

Samsul dites dan bisa melakukan percakapan sehari-hari dalam bahasa Korea Selatan ketika Ganjar memintanya berbincang dengan salah seorang CPMI perempuan di depan hadirin yang datang.

Tak hanya itu, Samsul ternyata memiliki pengalaman bekerja di bidang konstruksi jalan tol di Jawa Tengah meski cuma sebagai pembuat besi yang digaji Rp100 ribu per hari.

Kini, Samsul menikmati buah dari perjuangannya karena diterima bekerja di perusahaan manufaktur di distrik Yongsan, Seoul, Korea Selatan dengan gaji 2.000.000 Won atau sekitar Rp24 juta per bulan.

Baca juga: Seniman dan budayawan di Solo dukung Ganjar-Mahfud

Baca juga: Indonesia harus jadi inisiator perdamaian Palestina dan Israel, kata Ganjar

Baca juga: Tim pemenangan Ganjar-Mahfud di Kalteng optimistis raup suara terbanyak