Pemkot Palangka Raya pantau pasar sepekan dua kali

id Pemkot Palangka Raya, pantau pasar,Samsu Rizal,DPKUKMP Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya pantau pasar sepekan dua kali

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal (kiri) bersama timnya mengecek ketersediaan beras di pasar tradisional di kota setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan pemantauan harga sejumlah komoditas di dua pasar yang berada di daerah setempat sepekan dua kali untuk mengantisipasi terjadinya inflasi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Jumat, mengatakan sidak yang dilaksanakan oleh Bidang Perdagangan di instansinya tersebut bertujuan untuk mengetahui terjadinya pergeseran harga sejumlah komoditas mendekati hari-hari keagamaan seperti   Natal dan Tahun Baru 2024.

"Selain itu juga salah satu untuk mengantisipasi terjadinya inflasi. Ketika terjadi inflasi maka kami tentunya sudah menyediakan solusinya sehingga masyarakat tidak panik ketika hal itu terjadi," katanya.

Dia menuturkan, berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Kahayan Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya dan Pasar Besar Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya untuk sejumlah harga komoditas rata-rata masih stabil.

"Sedangkan harga komoditas lainnya di Pasar Besar masih stabil atau tidak mengalami kenaikan. Namun kondisi tersebut tidak selamanya, melainkan fluktuatif , untuk sementara ini harga komoditas di pasaran masih relatif stabil meskipun menjelang bulan Ramadhan," demikian Samsul Rizal.