Tambah pengamanan di Pemilu 2024, Pemda Mura latih 310 anggota Linmas

id Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Satpol PP dan Damkar Murung Raya, Murung Raya, mura, kalteng

Tambah pengamanan di Pemilu 2024, Pemda Mura latih 310 anggota Linmas

Pemberian materi pelatihan Linmas yang dilaksanakan di di GOR Tana Malai Tolung Lingu di Puruk Cahu, Senin (20/11/2023).ANTARA/Satpol PP dan Damkar Murung Raya.

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) melaksanakan pelatihan sebanyak 310 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebagai upaya mendukung dan menambah pengamanan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pelatihan ini kita laksanakan dalam rangka mempersiapkan tambahan pengamanan di TPS pada Pemilu 2024 nanti," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Murung Raya, K Zen Wahyu saat pembukaan pelatihan Linmas di GOR Tana Malai Tolung Lingu di Puruk Cahu, Senin.

Menurut Zen Wahyu, pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diharapkan menghasilkan petugas Linmas yang mengerti akan tugas dan fungsinya, dan yang paling penting bisa profesional dalam melaksanakan tanggung jawab.

Ditambah Zen Wahyu lagi, peserta Linmas yang dilatih oleh aparat kepolisian dari Polres Murung Raya ini akan bertugas di tiap TPS se-Kabupaten Murung Raya.

"Peserta pelatihan ini diikuti oleh anggota Linmas 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Murung Raya. Tentunya harapan melalui pelatihan ini mereka (Linmas) bisa mengerti akan tupoksinya," tutur Zen Wahyu.

Sementara itu Pj Bupati Murung Raya, Hermon melalui Asisten III Setda, Batara menjelaskan pelatihan tersebut selain sebagai persiapan menyongsong Pemilu 2024, juga sebagai upaya peningkatan keamanan di lingkungan Linmas bertugas.

Batara juga berharap pelatihan Linmas itu dijadikan sebagai komponen keamanan masyarakat sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional.

Baca juga: DKOP putra dan RSUD putri juara Turnamen Futsal Pj Bupati Cup

"Kita harapkan melalui pelatihan ini Linmas yang dilatih dapat bekerja secara profesional. Terima kasih juga kepada kepada kepolisian dari Polres Murung Raya karena bersedia menjadi pelatihan atau instruktur Linmas ini," tambah Batara.

Tidak hanya itu, Batara juga mengingatkan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dalam menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat diperlukan peningkatan kemampuan kapasitas SDM. Oleh karena itu, Pemerintah merasa perlu untuk melaksanakan Pelatihan Linmas se-Murung Raya, terlebih lagi menghadapi Pemilu serentak 2024 nanti.

Baca juga: Kafilah Murung Raya siap tampil maksimal di MTQH Kalteng

Baca juga: Pj Bupati Murung Raya sebut hasil seleksi PPPK mampu perkuat pelayanan publik

Baca juga: PLN UID Kalselteng alirkan listrik 10 desa di Murung Raya