Pj Bupati Bartim minta masyarakat jaga kebersihan cegah DBD

id pemkab bartim, penjabat bupati bartim, indra gunawan, tamiang layang, dbd, kebersihan, bartim, barito timur

Pj Bupati Bartim minta masyarakat jaga kebersihan cegah DBD

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan (kanan) saat pembersihan pasar Temanggung Jaya Karti di Tamiang Layang, Jumat (24/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik BartimĀ )

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengimbau masyarakat termasuk seluruh jajaran ASN untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD).
 
"Saya imbau untuk waspada dan sampaikan kepada rekan keluarga dan warga sekitar juga, waspada DBD," katanya di Tamiang Layang, Jumat.
 
Dia meminta semua pihak menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan kantor tempat bekerja.
 
"Jangan ada tempat genangan air yang bisa memungkinkan menjadi tempat nyamuk bertelur dan berkembang biak. Jika menemukan itu maka segera saja dibersihkan,” pinta Indra.
 
Hal serupa juga disampaikan Indra Gunawan ketika meninjau Pasar Temanggung Jaya Karti di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur.

Baca juga: BRI Peduli dukung pengoptimalan layanan RSUD Tamiang Layang, beri bantuan 20 unit purifier
 
Dalam Peninjauan itu dia memimpin jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan Pasar Temanggung Djayakarti.
 
Dalam kesempatan itu, Indra menghimbau para pedagang untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar. Menurutnya, pasar yang bersih akan menciptakan lingkungan tata niaga yang nyaman dan terkesan tidak kumuh.
 
“Meskipun barang yang lama kalau bersih akan terasa nyaman. Terlebih pasar Tamiang Layang ini merupakan sarana prasarana publik yang dipergunakan dan dikunjungi seluruh masyarakat tiap hari,” katanya.
 
Tak lupa juga Indra mengingatkan para pedagang untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, menghindari penumpukan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk yang bisa berkembang biak dan menjadi nyamuk pembawa virus DBD.

Baca juga: Bartim dinyatakan KLB DBD

Baca juga: Pengrajin rotan di Bartim dilatih keterampilan anyaman dan pengembangan usaha

Baca juga: Sebanyak 1.116 pelamar ikuti tes CAT seleksi PPPK Formasi 2023