KPU Kapuas gandeng pers sukseskan Pemilu 2024

id KPU Kapuas gandeng media sukseskan Pemilu 2024, kalteng, Pemilu, kapuas

KPU Kapuas gandeng pers sukseskan Pemilu 2024

Jajaran KPU Kabupaten Kapuas, bersama dengan insan pers melakukan foto bersama usai menggelar media gathering dan sosialisasi tahapan Pemilu 2024, di Kuala Kapuas, Minggu (3/12/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar media gathering dan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 dengan harapan pers dapat turut meningkatkan perannya menyukseskan hajatan pesta demokrasi tersebut.

“Kegiatan ini merupakan upaya KPU untuk menjalin kemitraan yang kuat dengan media, sebagai kontrol sosial dan sarana penyampaian informasi terkait pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Ketua KPU Kapuas, Fery Irawan di Kuala Kapuas, Minggu. 

Menurutnya, media memiliki peran penting dalam mengawal penyelenggaraan Pemilu yang demokratis dan berintegritas. Oleh karena itu, KPU Kapuas berkomitmen untuk menjalin kemitraan yang kuat dengan media.

Dijelaskannya, masa kampanye Pemilu 2024 sedang berlangsung dan ada batas akhirnya. Kampanye dapat dilakukan secara tatap muka maupun melalui media sosial.

Sementara itu, masa tenang akan berlangsung selama tiga hari sebelum pemungutan suara, yaitu pada 14 Februari 2024 mendatang. Batas akhir mutasi memilih adalah 15 Januari 2024.

Baca juga: Suwarno Muriyat terpilih jadi Ketua LPTQ Kapuas periode 2023-2028

“Bagi yang ingin pindah memilih, segera urus pengajuan ke KPU untuk berkonsultasi. Terkecuali ada hal-hal khusus,” katanya.

Untuk membantu tugas-tugas KPU, pihaknya akan membuka rekrutmen petugas Pemilu 2024, termasuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Bimtek bagi petugas KPPS akan diselenggarakan secara gabungan dengan Kabupaten Pulang Pisau,” demikian Fery Irawan.

Sementara dalam acara media gathering dan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 ini ditutup dengan diskusi terkait permasalahan yang ada pada penyelenggaraan Pemilu.

Selain insan pers, turut hadir anggota Komisioner KPU kabupaten setempat, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kapuas, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kapuas, Satuan Polisi Pamong Peraja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kapuas, serta Dinas Kesehatan Kapuas.

Baca juga: Implementasi Desa B2SA bangun budaya keluarga konsumsi pangan bergizi

Baca juga: DPRD Kapuas apresiasi PHBK laksanakan pawai lilin sambut Natal 2023

Baca juga: Pemerintah telusuri memori sejarah Kabupaten Kapuas