Legislator Kalteng ajak masyarakat ikut lindungi satwa langka

id satwa dilindungi, satwa langka, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, DPRD kalimantan tengah, Kalteng

Legislator Kalteng ajak masyarakat ikut lindungi satwa langka

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati. ANTARA/HO-koleksi Ina Prayawati

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati berharap sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat di provinsi setempat, agar ikut dan terlibat aktif dalam menjaga sekaligus melestarikan satwa langka demi mencegah terjadinya kepunahan akibat perburuan liar.

Ajakan itu karena sampai sekarang ini ada banyak satwa langka dan dilindungi yang masih sering ditemukan dan berkeliaran di wilayah ini, kata Ina di Palangka Raya, kemarin.

"Kami juga tidak ingin masyarakat Kalteng terkena kasus hukum hanya karena menangkap serta memelihara secara ilegal satwa langka dan dilindungi," ucapnya.

Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini, keberadaan satwa sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam, serta menjadi peninggalan bagi generasi di masa mendatang.

Ina mengatakan di provinsi ini masih memiliki banyak jenis satwa langka, baik itu trenggiling, orangutan, beruang madu, burung enggang, serta lainnya. Untuk itu, sudah menjadi tanggungjawab bersama dalam menjaga sekaligus melestarikannya.

"Masyarakat harus berperan aktif dalam melestarikan satwa langka. Apabila menemui satwa-satwa tersebut, sebaiknya segera melaporkan atau menyerahkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)," kata dia.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat dukung langkah pemda cegah stunting

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu juga berpesan kepada masyarakat di provinsi ini, agar menghindari kepemilikan atau perdagangan ilegal terhadap satwa tersebut. Sebab, hal itu tidak hanya menimbulkan kepunahan, tetapi juga berdampak pada kasus hukum dan dapat dipidana penjara.

"Dengan peran aktif masyarakat, diharapkan Kalteng dapat mempertahankan keberagaman hayati yang menjadi kekayaan alam dan warisan budaya bagi generasi mendatang Jadi, semua pihak diharapkan dapat bersinergi untuk menjaga ekosistem dan keberlanjutan satwa langka di Kalteng," demikian Ina.

Baca juga: DPRD Kalteng gelar ritual tolak bala kantor

Baca juga: DPRD Kalteng minta kinerja Dinas PUPR provinsi terus diperbaiki dan ditingkatkan

Baca juga: Pemandu lagu ilegal di tempat karaoke di Palangka Raya mendesak untuk diatasi