Curah hujan semakin tinggi, masyarakat Kalteng diimbau tingkatkan kewaspadaan

id Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Siswandi, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah

Curah hujan semakin tinggi, masyarakat Kalteng diimbau tingkatkan kewaspadaan

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswadi. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Siswandi mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah, termasuk masyarakat, agar semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana, baik banjir maupun pohon tumbang serta lainnya.

Beberapa pekan terakhir curah hujan sangat tinggi dan angin kencang kerap terjadi di sejumlah wilayah di provinsi ini, kata Siswandi di Palangka Raya, Rabu.

"Saat musim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat harus tetap waspada. Kebanjiran di satu wilayah bida juga berdampak ke wilayah lain," ucapnya.

Menurut dirinya, kewaspadaan perlu ditingkatkan di wilayah pinggiran sungai dan pada saat berkendara di jalanan yang banyak pohonnya. Sebab, masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, berpotensi mengalami kebanjiran pada saat curah hujan tinggi.

"Kalau tidak salah, dua atau tiga hari yang lalu, ada beberapa pohon yang tumbang di pinggir jalan akibat kencangnya angin. Itulah kenapa perlu berhati-hati saat berkendara di jalan yang banyak pohonnya," kata Siswandi.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat ikut lindungi satwa langka

Politisi Partai Demokrat itu juga berpesan kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng, agar cepat tanggap dan mempersiapkan berbagai strategi serta langkah dalam mencegah sekaligus menanggulangi bencana banjir maupun pohon tumbang di jalan raya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu mengatakan, pemda juga harus bergerak cepat dan segera memberikan bantuan maupun dalam hal melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak banjir.

"Dengan kewaspadaan dan respons cepat, diharapkan dampak buruk dari banjir dapat diminimalkan, dan masyarakat terdampak bisa segera mendapatkan pertolongan yang diperlukan," demikian Siswandi.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat dukung langkah pemda cegah stunting

Baca juga: DPRD Kalteng gelar ritual tolak bala kantor

Baca juga: DPRD Kalteng minta kinerja Dinas PUPR provinsi terus diperbaiki dan ditingkatkan