JCO akan bawakan 25 lagu untuk konser 'An Anime Symphony'

id JCO,Jakarta Concert Orchestra, Avip Priatna,An Anime Symphony

JCO akan bawakan 25 lagu untuk konser 'An Anime Symphony'

(Dari kiri) Anggota Batavia Madrigal Singer William Prasetyo, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra (JCO) Avip Priatna, dan penyanyi Pepita Salim dalam media briefing An Anime Symphony di Jakarta, Kamis (7/12/2023). Jakarta Concert Orchestra membawakan 25 soundtrack dan score anime dalam konser orkestra An Anime Symphony pada Sabtu, 9 Desember 2023. (Mecca Yumna)

J (ANTARA) - Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra (JCO) Avip Priatna mengatakan sebanyak 25 lagu dari serial dan film anime tahun 80an akan dibawakan dalam konser orkestra "An Anime Symphony".

"Nah tentunya kadang-kadang, sering kali dalam suatu scoring itu, musik film itu dikasih efek paduan suara. Sehingga suasananya lebih dapat, gitu ya. Misalnya suasananya heroik, atau suasana misterius, atau suasana apa," ujar Avip dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/12).

Selain membawakan lagu dengan lirik, ujar Avip, mereka juga akan mempersembahkan score dari film-film anime. Score adalah musik yang secara khusus diciptakan untuk sebuah film.

Baca juga: Anime 'Jujutsu Kaisen' diadaptasi jadi gim

Avip menjelaskan bahwa anime merupakan sebuah karya penting dari Jepang. Menurut dia, kreativitas orang Jepang membuat karya seni tersebut menjadi kaya akan variasi sehingga digandrungi oleh orang dari segala umur, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Dia menyebutkan, kreativitas tersebut ditunjukkan melalui konsep cerita, penokohan, serta detail gambarnya, yang memuat orang menyenangi sejumlah karakter, bahkan sampai cosplay atau berdandan menyerupai karakter itu di acara bertema anime.

Selain poin-poin tersebut, ujar Avip, musik juga turut menjadi bagian yang kuat dalam mengekspresikan ide-ide dalam anime tersebut karena dapat menggambarkan suasana melalui soundtrack dan score.

"Biasanya diperkuat dalam musik dengan suara manusia dalam paduan suaranya. Nah, ini kebetulan karena kami punya orkestra dan punya paduan suara, jadi sangat memungkinkan musik anime itu kita bawakan secara lebih luas," dia menambahkan.
Baca juga: Video trailer 'JUJUTSU KAISEN' musim kedua dirilis

Avip juga mengatakan bahwa terkadang, score anime mengikuti pakem-pakem musik klasik.

Mengenai lagu-lagu yang akan dibawakan apda konser "An Anime Symphony", Avip mengaku mendapatkannya dari kerabat-kerabat dekatnya yang sangat menggemari anime.

"Dengan bantuan mereka, saya mendapatkan nasihat, mendapatkan masukan, kira-kira lagu mana aja nih yang terkenal ya," kata dia.

Avip menyebutkan bahwa dalam konser "An Anime Symphony", yang dijadwalkan pada Sabtu, 9 Desember, terdapat 200 musisi dan penyanyi yang terlibat. Dia juga berharap dapat mengadakan konser serupa, mengingat tingginya antusiasme dari masyarakat Indonesia.

Penonton diperbolehkan memakai kostum cosplay pada konser "An Anime Symphony" mendatang.

Baca juga: 'Paradox Live' diadaptasi jadi game dan anime

Baca juga: 'JUJUTSU KAISEN' akan kembali dengan musim kedua

Baca juga: Tower of Fantasy pamerkan deretan karakter baru