Danrem 102/Pjg: Jangan ragukan netralitas TNI di Kalteng

id Korem 102 Pjg ,Palangka Raya,\Kalteng,Pemilu

Danrem 102/Pjg: Jangan ragukan netralitas TNI di Kalteng

Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto mengecek personelnya saat melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan antisipasi bencana di Kalteng, (28/12/2023). ANTARA/Dokumentasi PribadiĀ 

Palangka Raya (ANTARA) - Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto mengatakan, jangan pernah meragukan netralitas personel TNI di Kalimantan Tengah dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

"Kami harga mati hukumnya dalam menyatakan netral pada pemilu tahun depan. Bahkan personel TNI di Kalteng juga siap membantu melakukan pengamanan serta lain sebagainya baik mulai tahapan kampanye hingga hari H pemilu," kata Iwan di Palangka Raya, Jumat.

Orang nomor satu di lingkup Korem 102/Pjg tersebut, terus berupaya menyukseskan jalannya pesta demokrasi lima tahunan sekali itu. Harapannya agar masyarakat dapat memilih para wakil rakyat dan pemimpin daerah sesuai dengan hati nuraninya sehingga pelaksanaan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami berharap kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman sesuai kehendak kita bersama," ucapnya.

Tidak hanya itu, jenderal TNI berpangkat bintang satu itu menuturkan berkeinginan bahwa penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu nantinya bisa membeberkan kepada pihaknya terkait mana saja wilayah yang rawan logistik pemilu tersebut sulit menempuh ke suatu tempat di Kalteng.

Baca juga: Korem 102/Pjg gelar apel gabungan kesiapsiagaan bencana di Kalteng

Menurutnya, kerawanan pelanggaran yang kemungkinan bisa terjadi, sehingga nantinya dapat diantisipasi terlebih dahulu serta jangan sampai hal tersebut di hari H.

"Maksud saya itu jangan sampai nantinya ada logistik pemilu sampai ke suatu tempat pada hari H, tentunya itu akan menyulitkan personel keamanan yang berada di lapangan. Kalau bisa sebelum hari H bisa sampai di lokasi karena hal-hal seperti itu sangatlah rawan terjadi pelanggaran dan sebagainya," ungkapnya.

Ditambahkan Iwan, semoga dengan berkolaborasinya sejumlah pemangku kepentingan, baik itu pihak keamanan dan penyelenggara pemilu sehingga bisa menjadikan pesta demokrasi tersebut menjadi hal yang gembira untuk masyarakat.

Pemilu ajang masyarakat memilih wakil rakyat yang nantinya akan duduk mewakili rakyat di suatu lembaga seperti DPR RI, DPD RI, DPRD kabupaten/kota dan DPRD Provinsi.

"Kita berdoa semoga apa yang kita harapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana," demikian Iwan.

Baca juga: Danrem 102/Panju Panjung ingatkan anggotanya jangan terlibat politik praktis

Baca juga: Kantor Berita ANTARA raih tiga penghargaan Media Award

Baca juga: Korem 102/Pjg baksos donor darah sambut HUT Kodam XII/Tpr