Pemkab Kotim percepat sertijab kepala SOPD untuk optimalkan kinerja

id Pemkab Kotim percepat sertijab kepala SOPD untuk optimalkan kinerja, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin

Pemkab Kotim percepat sertijab kepala SOPD untuk optimalkan kinerja

Ramadansyah (kiri) mendapat amanah baru menjadi Pelaksana Tugas Kepala Bapprida Kotawaringin Timur. Serah terima jabatan dipimipin Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muhamad Saleh, Selasa (2/1/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mempercepat serah terima jabatan kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang baru mengalami pergantian agar mereka bisa segera menjalankan tugas. 

"Ini sesuai arahan Pak Bupati supaya serah terima jabatan ini segera dilakukan sehingga bisa segera bekerja. Dengan begitu, semoga pembangunan bisa segera dilaksanakan," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Muhamad Saleh di Sampit, Selasa. 

Hal itu disampaikan Saleh mewakili Bupati Halikinnor saat menghadiri serah terima jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapprida) dari Rafiq Riswandi kepada Ramadansyah. 

Ramadansyah diberi amanah sebagai Pelaksana Tugas Kepala Bapprida, selain jabatan defitifnya saat ini sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Sementara itu Rafiq Riswandi diberi amanah baru yakni menjadi Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan.

Jumat (29/12) lalu atau hari terakhir kerja pada 2023, Bupati Halikinnor melantik 150 pejabat yang terdiri 12 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau eselon II, 44 administrator atau eselon III, 54 pengawas atau eselon IV, 36 kepala sekolah dan 4 kepala puskesmas. 

Hari pertama masuk kerja di tahun 2024 ini, serah terima jabatan langsung dilakukan oleh sebagian besar pejabat. Tujuannya agar masing-masing pejabat bisa segera menjalankan tugas di tempat tugas mereka yang baru sehingga kegiatan pembangunan bisa dimulai. 

Saleh mengatakan, mutasi merupakan hal biasa dalam pemerintahan. Selain promosi, juga perlu dilakukan penyegaran melalui mutasi dengan harapan bisa membawa semangat baru sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kinerja secara individu dan bersama-sama. 

Baca juga: Penerimaan Pengawas TPS dibuka, Bawaslu Kotim jelaskan tupoksinya

"Pejabat yang dipilih, bararti dianggap mampu oleh bupati. Mari kita jalankan tugas dan amanah ini dengan baik dan optimal. Semoga membawa kebaikan bagi semua pihak," ajak Saleh. 

Sementara itu, Rafiq Riswandi menyampaikan terima kasih kepada bupati yang telah memberinya amanah baru. Sebagai ASN yang baik, dia berkomitmen akan berupaya seoptimal mungkin  menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik. 

Rafiq berharap instansi yang ditinggalkannya yaitu Bapprida akan semakin maju. Apalagi, Ramadansyah yang ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Kepala Bapprida, sebelumnya pernah bertugas di instansi tersebut sehingga sudah mempunyai pengalaman dalam menjalankan tugas. 

"Saya optimis karena ASN di sini sudah mumpuni. Tinggal bagaimana terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar kinerja secara keseluruhan semakin bagus," ujar Rafiq. 

Hal senada disampaikan Ramadansyah. Dia mengaku bersyukur diberi kepercayaan untuk mengabdi. Dia berjanji akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas. 

Selain menjabat Kepala Bapenda, Ramadansyah juga merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Sampit (Umsa). Kini dia mendapat amanah baru yaitu menjadi Pelaksana Tugas Kepala Bapprida Kotawaringin Timur. 

"Dinikmati saja dengan enjoy. Saya akan melanjutkan dan berusaha semaksimal mungkin. Dengan kebersamaan ini, saya yakin kita bisa menjalankan semuanya dengan baik. Saya pernah tugas di sini dan saya percaya kapasitas dan kemampuan secara individu dan kerja sama yang solid," demikian Ramadansyah. 

Baca juga: BMKG sebut Sampit memasuki puncak musim hujan

Baca juga: Wabup minta korban kebakaran di kawasan Inhutani segera didata

Baca juga: BPBD Kotim sisir Pantai Ujung Pandaran ingatkan wisatawan