Disdagperin Kalteng siap optimalkan pengembangan IKM pada 2024

id disdagperin kalteng, aster bonawaty, ikm, industri kecil menengah, dinas perindustrian dan perdagangan, kalimantan tengah

Disdagperin Kalteng siap optimalkan pengembangan IKM pada 2024

Kepala Disdagperin Kalteng, Aster Bonawaty menunjukkan produk dari IKM. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah (Kalteng) siap kembali mengoptimalkan pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM) pada tahun 2024.


 


Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, optimalisasi pengembangan IKM pada 2024 menjadi salah satu prioritas pihaknya.


 


"Hal ini sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran agar jajaran pemerintah provinsi melalui program dan kegiatannya, dapat mengoptimalkan pengembangan IKM dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi daerah," terangnya.


 


Untuk itu Disdagperin Kalteng telah menyiapkan berbagai program dan kegiatan strategis dalam rangka pengembangan IKM yang ada di seluruh kabupaten dan kota.


 


"Program dan kegiatan kami ini akan menyentuh pada banyak hal berkaitan IKM di Kalteng, mulai dari peningkatan kapasitas melalui sosialisasi dan edukasi, serta pendampingan," jelasnya.


 


Pendampingan yang dilaksanakan Disdagperin meliputi berbagai hal yang menjadi kebutuhan para pelaku IKM, baik dalam mengakses bantuan keuangan dari perbankan, pengembangan produk baik dari sisi kualitas maupun pengemasan, hingga perluasan jangkauan pasar.


 


"Jadi apapun yang menjadi kendala atau keperluan dari para pelaku IKM di Kalteng kami rumuskan untuk kemudian diselesaikan, agar para pelaku IKM dapat berkembang secara optimal," ujar Aster.


 


Termasuk dalam fasilitasi para pelaku IKM pada berbagai agenda strategis di kegiatan pameran baik yang berskala daerah, nasional hingga internasional. Hal ini dalam rangka membantu pemasaran produk IKM Kalteng yang potensial agar benar-benar optimal.