Disdamkarmat Kotim catat ada 64 kebakaran selama 2023

id Disdamkarmat Kotim catat ada 64 kebakaran selama 2023, kalteng, Sampit, kotim, pemkab kotim, Kotawaringin Timur

Disdamkarmat Kotim catat ada 64 kebakaran selama 2023

Musibah kebakaran yang terjadi di Jalan Biak, Kota Sampit, Selasa (2/1/2024) lalu. ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mencatat ada 64 kasus kebakaran yang terjadi selama Januari hingga Desember 2023.

“Selama 2023 ada sebanyak 64 kejadian kebakaran, meliputi bangunan rumah, barak, ada pula gedung walet, sekolah, hingga kendaraan. Itu tidak termasuk kebakaran hutan dan lahan atau karhutla,” kata Kepala Bidang Inspeksi dan Investigasi Kebakaran, Disdamkarmat Kotim, Agus Wahyudi di Sampit, Jumat.

Agus mengatakan, kejadian kebakaran itu disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari human error atau kelalaian manusia, kebocoran gas, dan yang paling banyak adalah akibat korsleting listrik.

Dari 64 kasus kebakaran tersebut kurang lebih ada 300 bangunan yang terbakar, baik itu terbakar habis maupun sebagian. Bangunan yang terbakar tersebut meliputi rumah, barak, ruko, kios, lapak pedagang, gedung walet, hingga sekolah. 

Estimasi kerugian dari 64 kejadian kebakaran tersebut mencapai Rp25.100.000.000 lebih. Kerugian terbesar berasal dari kebakaran di Pasar Sebabi, Kecamatan Telawang, pada 27 November 2023 dengan estimasi kerugian Rp7.770.000.000. 

“Dalam musibah tersebut ada 220 kios pedagang yang hangus terbakar beserta barang dagangannya,” lanjutnya.

Baca juga: Wabup ajak pemilih pemula di SMKN 1 Sampit gunakan hak pilih

Tak hanya kerugian materi, pihaknya juga mencatat ada sejumlah korban pada kejadian kebakaran tahun 2023, meliputi 13 orang mengalami luka bakar yang 3 diantaranya merupakan petugas pemadam saat berupaya memadamkan api dan 3 orang meninggal dunia.

Kasus kebakaran tahun 2023 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, Disdamkarmat Kotim mencatat pada tahun 2022 jumlah kebakaran sekitar 42 kasus.

Sehubungan dengan banyaknya kasus kebakaran disebabkan korsleting listrik, Agus mengimbau masyarakat untuk lebih waspada. Masyarakat dianjurkan melakukan pengecekan instalasi listrik secara berkala untuk menghindari terjadinya korsleting yang dapat memicu kebakaran. Untuk pengecekan instalasi listrik ini bisa langsung menghubungi pihak PLN.

“Kesadaran masyarakat ini yang masih kurang, setidaknya 10 tahun sekali instalasi listrik itu dicek dan diperbaharui, tapi faktanya sering lebih dari itu. Jadi kesadaran ini yang perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Terlebih, saat ini Kotim mulai memasuki musim hujan, di mana pada kondisi ini hujan lebat disertai angin kencang kerap terjadi. Adanya angin tersebut bisa menimbulkan gesekan pada kabel-kabel listrik, sehingga merusak lapisan luar kabel tersebut. Kabel yang sudah rusak seperti itu berpotensi menyebabkan korsleting atau gangguan arus listrik.

Baca juga: Pemkab Kotim terapkan pajak hiburan 40 persen

Baca juga: Dinsos Kotim dampingi penderita HIV/AIDS yang gagal berlayar

Baca juga: Bupati segera kumpulkan perwakilan perguruan tinggi di Sampit