Wabup ajak pemilih pemula di SMKN 1 Sampit gunakan hak pilih

id pemkab kotim, wabup kotim, irawati, sampit, kotim, kotawaringin timur, pemilih pemula, pemilu 2024

Wabup ajak pemilih pemula di SMKN 1 Sampit gunakan hak pilih

Wabup Kotim Irawati saat berkunjung ke SMKN 1 Sampit, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Irawati mengajak pemilih pemula di SMKN 1 Sampit menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
“Pada 14 Februari kita akan melaksanakan pesta demokrasi, adik-adik kelas 3 dan sebagian kelas 2 yang sudah punya KTP, punya hak pilih, gunakanlah hak pilih kalian, karena masa depan ada di tangan kalian,” kata Irawati di Sampit, Kamis.
 
Wanita yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Kalteng ini mensosialisasikan Pemilu 2024 di hadapan ratusan pelajar SMK. Ia mengingatkan, dalam waktu 34 hari ke depan akan dilaksanakan pesta demokrasi, perhelatan lima tahun sekali untuk menentukan pemimpin bangsa ini. 
 
Maka dari itu, ia berharap kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para pemilih pemula, terlebih berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim generasi muda paling mendominasi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).
 
“Jangan merasa karena masih sekolah, masih muda, lalu cuek dengan pemilu. Karena masa depan di tangan kalian, kalianlah yang akan meneruskan estafet kepemimpinan nantinya, jadi jangan golput,” imbaunya. 

Baca juga: Pemkab Kotim terapkan pajak hiburan 40 persen
 
Lanjutnya, dalam waktu lima tahun tentunya para pemilih pemula ini juga akan merasakan dampak dari kepemimpinan dalam suatu pemerintahan atau politik. 
 
Mungkin saat ini para pelajar tersebut masih sibuk dengan kehidupan masa muda dan bergantung dengan keluarga, tapi bisa saja dalam beberapa tahun ke depan merekalah yang terjun ke pemerintahan maupun politik. 
 
“Mulai dari muda kita biasakan untuk berdemokrasi, satu suara saja tidak digunakan sayang sekali. Pilih saja sesuai hati nurani kalian, yang mana menurut kalian terbaik dari calon-calon yang ada,” pungkasnya. 
 
Sementara itu, berdasarkan klasifikasi generasi DPT yang dirilis KPU Kotim untuk Pemilu 2024 diketahui generasi Z, yakni DPT dengan usia kurang dari 27 tahun berjumlah 73.574 orang atau 24,23 persen. Termasuk terbanyak dari 5 klasifikasi yang ada. 
 
Sedangkan, urutan terbanyak pertama ditempati generasi milenial atau Y dengan rentang usia 27-42 tahun, sebanyak 111.813 orang atau 36,83 persen.
 
Lalu, Generasi X, yakni DPT dengan usia 43 sampai 58 tahun sebanyak 86.162 orang atau 28,38 persen.
 
Generasi Baby Boomers, yakni DPT dengan usia 59 sampai 77 tahun sebanyak 29.525 orang atau 9,72 persen. Generasi Pre Baby Boomers, yakni DPT dengan lebih dari 77 tahun sebanyak 2.534 orang atau 0,83 persen.
 
Adapun, jumlah total DPT Kotim untuk pemilu 2024 adalah 303.608 jiwa, terdiri dari 155.832 laki-laki dan 147.776 perempuan.
 
Sedangkan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 1169 TPS, di antaranya ada 11 TPS Khusus yang terbagi di 3 perusahaan dan 1 lembaga pemasyarakatan.

Baca juga: Dinsos Kotim dampingi penderita HIV/AIDS yang gagal berlayar

Baca juga: Bupati segera kumpulkan perwakilan perguruan tinggi di Sampit

Baca juga: KPU Kotim mulai lakukan pengesetan logistik Pemilu 2024