Dinkes lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal Kobar

id Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, Kalteng

Dinkes lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal Kobar

Suasana pemeriksaan para calon jemaah haji di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Kamis (11/1/2023). ANTARA/HO-Dinkes Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran bagi Calon Jema'ah Haji Reguler (CJHR), Jumat (12/1/2024).

Pemeriksaan itu sebagai upaya memastikan kesehatan para calon jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci dalam kondisi prima, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar Achmad Rois di Pangkalan Bun.

"Kita melakukan empat rangkaian pemeriksaan oleh tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya," beber dia.

Adapun pemeriksaan yang diikuti oleh CJHR antara lain pemeriksaan medis, pemeriksaan kognitif, pemeriksaan mental dan pemeriksaan kemampuan untuk melakukan aktifitas sehari hari secara mandiri.

Dengan begitu, rangkaian pemeriksaan ini ditujukan untuk mengukur kebugaran dan kesehatan calon Jemaah haji, sehingga mampu memenuhi status istita’ah kesehatan bagi calon jemaah haji.

"Pemeriksaan tersebut dilaksanakan pihaknya selama dua hari di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, dengan diikuti sebanyak 117 calon jemaah haji," demikian Rois.

Sementara itu, Kasie Haji Kementerian Agama Kabupaten Kobar Muhammad Sanusi menyampaikan, dirinya berharap  para calon jemaah haji Kobar yang akan diberangkatkan tahun ini semoga dalam keadaan sehat.

"Jadi, semua nya dapat menjalankan ibadah dan memperoleh predikat Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh," demikian Muhammad Sanusi.

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan peran zakat kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial

Baca juga: Pacu perekonomian daerah, Pemkab Kobar tingkatkan pembangunan pariwisata

Baca juga: Pj Bupati minta peran aktif masyarakat menjaga kondusivitas Kobar jelang pemilu