Pacu perekonomian daerah, Pemkab Kobar tingkatkan pembangunan pariwisata

id pemkab kobar, pj bupati kobar, budi santosa, pariwisata kobar, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat pemkab kobar, kotawaringin barat

Pacu perekonomian daerah, Pemkab Kobar tingkatkan pembangunan pariwisata

Pj Bupati Kobar Budi Santosa. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan pembangunan di sektor pariwisata untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah.
 
"Fokus untuk mengelola pariwisata. Kita tahu kunjungan wisatawan asing di Kabupaten Kotawaringin Barat ini sangat besar sekali. Ini akan membuat pertumbuhan sektor ekonomi kita semakin baik," kata Pj Bupati Kobar Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.
 
Oleh karenanya Budi sangat menyayangkan di daerah setempat yang juga memiliki keunggulan seni budaya terutama tarian daerah, namun tidak tersedia pertunjukan seni secara permanen. 
 
"Ini perlu kita komunikasikan dulu dengan melibatkan sanggar-sanggar yang ada di Pangkalan Bun ini, agar melalui upaya ini kita dapat memperkenalkan seni budaya kita ke wisatawan asing," ucapnya.
 
Adapun Dinas Pariwisata setempat juga sedang mempersiapkan kalender event untuk membuat wisatawan asing mengunjungi destinasi wisata pada 2024.
 
"Kami sedang menyusun itu tapi tidak jauh dari event-event sebelumnya ditambah pengembangan event baru juga. Terutama ada beberapa destinasi yang akan kita munculkan dan kembangkan ke depannya," kata Plt Kadispar Kobar Edie Faganti.

Baca juga: Kapolres Kobar tegaskan pentingnya jaga netralitas Polri di Pemilu 2024
 
Edie menyampaikan, dengan adanya kalender event 2024 akan menambah pengunjung wisatawan mancanegara tidak hanya ke Taman Tanjung Puting saja. 
 
"Namun, dengan adanya kalender event 2024 ini, dapat meluas hingga mengunjungi destinasi di dalam Kota Pangkalan Bun," terangnya.
 
Lanjutnya, pihaknya juga berupaya membuat agenda wisatawan selama berkunjung ke Kobar sehingga mereka nantinya dapat mengunjungi seluruh destinasi wisata yang ada di daerah setempat.

Baca juga: Pj Bupati minta peran aktif masyarakat menjaga kondusivitas Kobar jelang pemilu

Baca juga: Dinkes harapkan peran aktif masyarakat mencegah penyebaran DBD di Kobar

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Peningkatan fasilitas stadion sepak bola jadi prioritas pemkab