Penjabat Bupati Barsel kembali salurkan bansos korban banjir di dua desa

id Penjabat Bupati Barsel kembali salurkan bansos korban banjir didua desa, kalteng, barsel, Barito Selatan, banjir

Penjabat Bupati Barsel kembali salurkan bansos korban banjir di dua desa

Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan saat meninjau kondisi banjir dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Danau Masura dan Murung Paken, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, DR Deddy Winarwan kembali menyalurkan bantuan sosial di dua desa yang terendam banjir di wilayah Kecamatan Dusun Selatan.

"Untuk kali ini, kita menyalurkan bantuan sosial di Desa Danau Masura dan Desa Murung Paken, Kecamatan Dusun Selatan," katanya saat meninjau kondisi banjir di dua desa tersebut, Selasa sore.

Ia mengatakan, bantuan sosial ini diserahkan kepada warga korban banjir di dua desa tersebut. Kondisi lantai rumah warga sudah tergenang air dan ada pula yang rumahnya nyaris tenggelam akibat terendam banjir.

Dalam kegiatan peninjauan kondisi banjir yang dilaksanakan ini, lanjut Deddy, pihaknya juga membawa tenaga kesehatan yaitu dokter, bidan dan perawat.

"Hal itu dilakukan agar warga yang terdampak banjir yang kondisinya kurang akibat terkena penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), disentri dan demam serta penyakit lainnya bisa segera diobati," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Barsel bangun tanggul sementara penahan air

Setelah ini, dirinya juga akan melakukan peninjauan pada sejumlah desa yang terendam banjir pada beberapa kecamatan lainnya di daerah ini.

Selain itu ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir.

"Untuk itu, kita berkewajiban menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak banjir, termasuk juga pelayanan kesehatan dan pelayanan pemerintahan lainnya," tambah Deddy Winarwan.

Ia juga meminta kepada camat,dan kepala desa untuk tetap melayani masyarakat walaupun dalam kondisi banjir. Sebab, sudah menjadi tugas dari pemerintah hadir untuk melayani dan melindungi masyarakatnya.

Pihaknya juga kata Deddy Winarwan, sudah melakukan koordinasi dengan Forkopimda untuk melakukan sejumlah langkah-langkah antisipasi penanggulangan bencana banjir yang terjadi di Barito Selatan ini.

"Kita berdoa, semoga banjir yang terjadi di sejumlah tempat yang ada di daerah ini agar segera surut, sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitasnya dengan normal kembali," demikian Deddy Winarwan.

Baca juga: Pemkab bersama Forkopimda Barsel bersinergi sukseskan pemilu

Baca juga: Kejati Kalteng tahan tiga tersangka dugaan korupsi dana BOK Dinkes Barsel

Baca juga: Pj Bupati Barito Selatan terobos banjir salurkan bansos ke sejumlah desa