Lembaga survei catat Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh provinsi

id Kedaikopi,lembaga survei,Prabowo,gibran

Lembaga survei catat Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh provinsi

Tangkapan layar - Hasil hitung cepat nasional Pilpres 2024 oleh KedaiKOPI, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube KedaiKOPI di Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Survei KedaiKOPI mencatat pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul hampir di seluruh provinsi di Indonesia, berdasarkan data hitung cepat yang masuk sekitar 90,50 persen per pukul 18.59 WIB.
 
"Perolehan suara pasangan nomor urut 2 itu unggul hampir di seluruh provinsi, hanya kalah di Provinsi Aceh dan Sumatera Barat," kata Communication Specialist KedaiKOPI Rossi Rahardjo di Jakarta, Rabu.
Menurut Rossi, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mampu mengungguli Prabowo-Gibran di Aceh dan Sumbar karena dua provinsi tersebut memang menjadi basis suara pasangan calon nomor urut 1.

Dari 90,50 persen data yang masuk, hasil hitung cepat KedaiKOPI mencatat Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara sebesar 59,02 persen, diikuti Anies-Muhaimin dengan 24,28 persen suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md meraih 16,76 persen suara.

Baca juga: Charta Politika: Prabowo-Gibran unggul 57,11 persen dalam hitung cepat
 
Hasil hitung cepat nasional Pilpres 2024 dari KedaiKOPI menunjukkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Aceh dan Sumatera Barat dikalahkan oleh pasangan Anies-Muhaimin.
 
Anies-Muhaimin tercatat unggul di Aceh dengan perolehan suara sebesar 79,1 persen. Kemudian posisi kedua ditempati Prabowo-Gibran dengan perolehan suara 18,7 persen dan Ganjar-Mahfud hanya mendapatkan suara 2,1 persen.
 
Sementara di Provinsi Sumatera Barat, Anies-Muhaimin unggul dengan perolehan suara sebesar 59,7 persen, disusul Prabowo-Gibran dengan 37,2 persen suara dan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 3 persen suara.

Baca juga: Hitung cepat Populi, Pilpres 2024 berpotensi satu putaran
 
Hitung cepat KedaiKOPI itu diperoleh berdasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Dalam hitung cepatnya, sampel yang digunakan KedaiKOPi sebanyak 2.000 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia atau 38 provinsi.
 
Proses sampling dilakukan secara acak melalui metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling) yang dilakukan dari tingkat daerah pemilihan (dapil) sampai tingkat kelurahan. Dengan penarikan acak bertingkat itu, hasil hitung cepat tersebut memiliki batas kesalahan (margin of error) lebih kurang 0,18 persen.
 
Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
Sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.