Elektabilitas Agustiar Sabran unggul di Kalteng

id Agustiar Sabran, Charta Politika,Lembaga Survei,Kalteng,Elektabilitas Agustiar Sabran unggul di Kalteng,Pilgub Kalteng,Dadang Nurjaman

Elektabilitas Agustiar Sabran unggul di Kalteng

Anggota DPR RI Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Survei Charta Politika mengeluarkan hasil elektabilitas tokoh-tokoh yang maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan bakal calon Agustiar Sabran menduduki posisi teratas setelah mendapat 42,9 persen suara.

Direktur Riset Charta Politika Dadang Nurjaman mengungkapkan Survei Preferensi Politik Masyarakat Kalimantan Tengah tersebut dilakukan pada 25-31 Juli 2024 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin kesalahan sebesar 3,46 persen.

"Di pengujian banyak nama sampai dengan pengerucutan nama menjadi dua kandidat, Agustiar Sabran selalu unggul dibandingkan dengan kandidat lainnya," kata Dadang dalam keterangan tertulis resmi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Agustiar Sabran: Tonjolkan gagasan dan ide di Pilgub Kalteng 2024

Selain Agustiar, nama Abdul Razak juga menjadi kandidat pada elektabilitas dua nama survei tersebut dengan 18,8 persen suara, sedangkan sebanyak 38,4 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Ia menjelaskan metode survei yang digunakan berupa random sampling atau secara acak dengan wawancara tatap muka.

Kriteria koresponden, yakni daftar pemilih sementara yang memenuhi syarat untuk memilih. Sementara wilayah yang terlibat dalam survei, yaitu seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Disetujui DPP, Agustiar Sabran resmi keluar dari PDIP

Sebelumnya, Agustiar juga menang mutlak pada survei pertama Charta Politika mengenai Pilgub Kalteng pada 22-29 November 2023. Saat itu, Agustiar rata-rata mendapat 40 persen suara.

Dengan demikian, Dadang menilai elektabilitas tersebut jelas membuat Agustiar berpotensi untuk memenangkan Pilgub Kalteng 2024-2029 secara mutlak.

Adapun Agustiar didukung Partai Gerindra untuk maju dalam Pilgub Kalteng 2024-2029. Partai berlambang kepala burung Garuda itu pun siap dengan seluruh tenaga untuk memenangkan Agustiar.

Baca juga: Anggota DPR minta KNPI jaga dan lestarikan falsafah Huma Betang

Agustiar merupakan seorang tokoh yang sangat dikenal dan dihormati di Kalimantan Tengah karena merupakan Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng, sebuah organisasi yang bertugas secara legislatif pada tingkat kabupaten di bidang pemberdayaan dan pengembangan hukum adat, adat istiadat, serta kebiasaan masyarakat adat.

Agustiar merupakan Anggota Komisi III DPR RI pada periode 2019-2024 dan 2024-2029. Tak hanya di dunia politik dan budaya, ia juga dikenal di dunia olahraga sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi).

Baca juga: Anggota DPR minta pemda se-Kalteng waspadai karhutla

Baca juga: Gerindra dukung Agustiar Sabran-Edy Pratowo maju di Pilkada Kalteng

Baca juga: DPR RI: Momentum HBA ke-64 jaksa lebih profesional