Optimalkan pendekatan preventif dalam menekan kenakalan remaja di Palangka Raya

id Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ruselita, DPRD Kota Palangka Raya, kalteng

Optimalkan pendekatan preventif dalam menekan kenakalan remaja di Palangka Raya

Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Ruselita. ANTARA/Dokumentasi Ruselita.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ruselita menyatakan bahwa sekarang ini sangat diperlukan bahkan harus dioptimalkan pendekatan yang preventif atau pencegahan dari para pemangku kepentingan, sebagai upaya meredam maraknya kenakalan remaja yang kian memprihatinkan.

"Perlu adanya stratergi dari pemerintah untuk membentuk karakter pemuda yang selama ini banyak terpengaruh oleh budaya negara lain," katanya, Senin.

Dijelaskannya, dalam upaya pencegahan, perlu adanya strategi pemajuan kebudayaan untuk meredam pengaruh budaya luar, dengan mengedepankan dan mengenalkan budaya sendiri melalui taman budaya, lembaga-lembaga kebudayaan dan museum kepada para remaja.

Dirinya pun mencontohkan, seperti seni bela diri pencak silat yang merupakan tradisi bangsa kita apabila dikenalkan pada generasi muda akan belajar tentang sportivitas, kedamaian, setia kawan bukan malah menimbulkan permusuhan.

"Pencak silat bisa menjadi alternatif bagi para remaja untuk menyalurkan energi dan waktu luangnya sehingga akan mengurangi kecenderungan untuk bertindak hal-hal negatif," ucapnya.

Untuk itu srikandi Partai Perindo Palangka Raya ini mendorong Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, melalui setiap satuan pendidikan di daerah ini, agar senantiasa memaksimalkan mengaplikasi pembelajaran kesenian kepada siswa.

Pasalnya saat ini, para remaja sudah jarang menonton kesetiaan, membaca literasi kisah-kisah sejarah hingga dongeng, yang di dalamnya mengandung segudang nasihat.

"Di samping itu, pemerintah perlu memperbanyak kegiatan untuk menampung aktivitas anak-anak, seperti band, seni tari, pencak silat, pelatihan barista, pelatihan mekanik dan sejenisnya," ujarnya.

Baca juga: Tekan kenaikan harga, Pemkot diminta pastikan beras Bulog terdistribusi merata

Dengan begitu, dirinya meyakini jika para generasi muda akan saling berlomba-lomba untuk meningkatkan bakat, agar dapat menang dalam kompetisi yang mereka sukai.

"Ketika para generasi muda sibuk mengasah bakat, tentu saja kenakalan remaja dan kejahatan jalanan akan menurun drastis," demikian Ruselita.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya terus maksimalkan pendampingan keluarga atasi stunting

Baca juga: Keluarga penderita hipertensi di Palangka Raya terbantu keberadaan program JKN

Baca juga: Pinjol ilegal masih marak, DPRD Palangka Raya minta OJK lanjutkan moratorium