Lewati jalan rusak saat Safari Ramadhan di Baamang, Bupati Kotim perintahkan diperbaiki

id Lewati jalan rusak saat Safari Ramadhan di Baamang, Bupati Kotimjanjikan diperbaiki, kalteng, Sampit, kotim, pemkab kotim, Kotawaringin Timur, Bupat

Lewati jalan rusak saat Safari Ramadhan di Baamang, Bupati Kotim perintahkan diperbaiki

Bupati Kotim Halikinnor saat melaksanakan Safari Ramadhan di Kecamatan Baamang, Kamis (28/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim.

Sampit (ANTARA) - Saat kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Baamang, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor menyoroti kondisi Jalan Bukit Permai yang mengalami kerusakan cukup parah.

“Ini adalah permintaan masyarakat dan kebetulan tadi saya juga diarahkan masuk lewat jalan itu yang kondisinya rusak, saya sudah instruksikan dinas terkait untuk segera menanganinya,” kata Halikinnor di Sampit, Kamis.

Safari Ramadhan hari keenam ini dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas Jalan Bukit Permai, Kelurahan Baamang. Kegiatan Safari Ramadhan kali ini ditujukan untuk masyarakat Kecamatan Baamang dan Seranau.

Turut hadir dalam Safari Ramadhan hari ketiga ini Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kotim dan jajaran Pemerintah Kecamatan serta masyarakat setempat.

Dalam kunjungannya tersebut Halikinnor melihat langsung kondisi Jalan Bukit Permai yang berlubang di banyak titik, bahkan ada satu titik lubangnya cukup dalam dan lebar yang ketika diguyur hujan akan menjadi semacam kubangan dan membahayakan pengendara yang melintas.

Sehubungan dengan itu, ia telah menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kotim untuk segera memperbaiki jalan tersebut, minimal agar dapat digunakan dengan aman bagi masyarakat.

“Minimal sebelum hari raya, jalan ini diratakan dulu, nanti saat perubahan anggaran 2024 atau paling tidak pada 2025 kita programkan untuk diaspal,” ucap Halikinnor.

Baca juga: Pemkab Kotim kembali gelar pawai takbiran keliling

Halikinnor juga berpesan kepada camat, lurah dan kepala desa di wilayah Baamang dan Seranau agar selalu memperhatikan kondisi warga, sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Salah satunya dari segi kesehatan, apabila ada warga yang sakit namun tidak memiliki biaya untuk berobat agar segera dibantu, bahkan dijemput dan diantarkan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Pemkab Kotim selama enam tahun terakhir Kotim telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC), yaitu jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, dengan anggaran puluhan miliar setiap tahunnya.

Melalui program ini masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, baik berupa peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan maupun pemulihan di fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah dan biayanya ditanggung pemerintah.

“Maka dari itu jangan sampai ada warga yang sakit bertahun-tahun tapi tidak berobat karena tidak punya biaya. Camat dan Kades bantu sosialisasikan program ini ke masyarakat agar program ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Safari Ramadhan juga diisi dengan penyerahan bantuan dari pemerintah daerah, berupa dana hibah Rp150 juta untuk Masjid Al Ikhlas, dana hibah Rp75 juta untuk Yayasan Pendidikan Nurul Islam Jamiah, peralatan fardhu kifayah, bantuan paket sembako, kursi roda dan bantuan untuk korban kebakaran.

Sementara itu, Camat Baamang Sufiansyah menyampaikan Jalan Bukit Permai terakhir kali diperbaiki pada 2014 silam menggunakan swadaya masyarakat. Oleh sebab itu, janji Bupati untuk memperbaiki jalan tersebut disambut gembira oleh masyarakat, karena memang hal itulah yang diharapkan sejak lama.

“Mudah-mudahan secepatnya diperbaiki, karena ini adalah harapan masyarakat sekitar sini. Kami berterima kasih ke Bupati yang menjawab permintaan masyarakat kami,” demikian Sufiansyah.

Baca juga: Disdik Kotim siapkan Rp198 juta untuk renovasi SDN 2 Ramban

Baca juga: Bupati Kotim ingatkan 838 PPPK baru tidak ajukan pindah tugas

Baca juga: THR ASN dan tenaga kontrak Kotim dibayar 2 April