Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengawasan kawasan wisata pada libur Lebaran

id Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengawasan kawasan wisata pada libur Lebaran, kalteng, palangka Raya, lebaran

Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengawasan kawasan wisata pada libur Lebaran

Sejumlah warga bermain di Kawasan Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) meningkatkan pengawasan guna memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan di berbagai objek wisata pada momen libur Idul Fitri atau Lebaran 1445 Hijriah.

"Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di kawasan wisata, nanti akan ada petugas yang berjaga dan siap memberikan bantuan dan pertolongan jika diperlukan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Minggu.

Wanita berhijab itu menerangkan, petugas yang berjaga di objek wisata ini mulai dari petugas keamanan, petugas pengatur lalu lintas dan juga petugas pelayanan informasi.

"Kami juga akan meningkatkan fasilitas penunjang di kawasan objek wisata seperti penyediaan tempat sampah, papan dan petugas informasi dan lainnya yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung," katanya.

Pihaknya juga meminta kepada pengelola objek wisata dan usaha wisata seperti hiburan umum, restoran, rumah makan, warung makan, kedai makan dan minum, serta kafe turut menjaga suasana keamanan dan keteraturan di kota selama momen libur Lebaran.

Baca juga: Polres Palangka Raya tingkatkan patroli ke SPBU

"Peran itu seperti menjaga toleransi, kerukunan, dan ketertiban umum di lingkungan masing-masing. Memastikan keamanan dan ketertiban di destinasi wisata serta tempat hiburan umum dan sejenisnya terjaga," katanya.

Selain itu juga untuk menyediakan alat keselamatan seperti pelampung, kotak P3K, dan alat pemadam kebakaran bagi pengelola usaha pariwisata. Kewajiban perbaikan wahana dan fasilitas penunjang wisata guna mencegah kecelakaan di tempat usaha pariwisata.

"Pengusaha pariwisata juga wajib menerapkan harga yang wajar dan tidak menaikkan harga dari harga normal yang berlaku," kata Hera.

Selain melakukan pengamanan dan peningkatan sarana dan prasarana di kawasan objek wisata, Hera juga menekankan untuk para pengunjung agar tetap mematuhi peraturan dan menjaga anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Polisi amankan ibadah Paskah di Palangka Raya

Baca juga: Kuota elpiji subsidi jelang Idul Fitri di Palangka Raya ditambah

Baca juga: Amankan ibadah Jumat Agung, Polisi dan TNI Patroli ke sejumlah gereja di Palangka Raya