Pemkab Katingan sampaikan LKPJ Bupati Katingan 2023

id Pemkab Katingan sampaikan LKPJ Bupati Katingan 2023, kalteng, katingan, kasongan

Pemkab Katingan sampaikan LKPJ Bupati Katingan 2023

Sekda Kabupaten Katingan Pransang, saat membacakan laporan pengantar Bupati Katingan menyampaikan LKPJ Bupati Katingan tahun 2023. ANTARA/HO-Naslee

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Katingan Tahun Anggaran 2023.

Sekretaris Daerah Katingan Pransang, saat menyampaikan pidato pengantar Bupati Katingan menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Katingan tahun 2023, kemarin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaku pembangunan.

"Yakni segenap pimpinan dan anggota DPRD, jajaran pemerintahan, Forkopimda, para pelaku usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat serta seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Katingan," katanya. 

Dia menerangkan, pada tahun anggaran 2023 ditargetkan sebesar Rp1,423 triliun lebih terealisasi sebesar Rp1,406 triliun lebih atau 98,78 persen. 

Adapun kontribusi pendapatan daerah tahun 2023 didominasi oleh pendapatan asli daerah dengan kontribusi 71,21 persen dengan realisasi Rp97,94 miliar lebih, dana pendapatan transfer dengan kontribusi 101,71 persen dan realisasi sebesar Rp1,3 triliun lebih dan terakhir lain-lain pendapatan daerah yang sah dengan realisasi sebesar Rp501 juta lebih. 

Kemudian, untuk Belanja Daerah Kabupaten Katingan tahun anggaran 2023 ditetapkan sebesar Rp1,52 triliun lebih dan terealisasi sebesar Rp1,44 triliun lebih atau 95,09 persen.

Rapat paripurna ketiga masa sidang II tahun sidang 2024 tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah, didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Katingan Fahrul Razi dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Katingan.

Turut hadir dari pihak eksekutif yaitu sejumlah kepala OPD, Forkimpinda, tokoh agama, tokoh adat serta tamu undangan yang hadir. 

Pransang mengatakan, saat ini masih dilaksanakan pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Sehingga angka atau data keuangan yang disajikan masih bersifat sementara sampai dengan keluarnya laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Kabupaten Katingan tahun anggaran 2023. 

Baca juga: Pemkab Katingan terus upayakan harga beras stabil saat Ramadhan

"Berdasarkan keputusan DPRD Kabupaten Katingan Nomor 7 tahun 2023 tentang rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Katingan tahun anggaran 2022. Kami selaku pemerintah telah menindaklanjuti dengan beberapa kebijakan," katanya. 

Kebijakan tersebut yakni pemerintah melalui perangkat daerah pengampu target pendapatan asli daerah melakukan terobosan.

Diantaranya yaitu retribusi pemakaian laboratorium yang dapat meningkatkan capaian PAD dari pengujian tanah dan material konstruksi pada tahun anggaran 2023 telah dianggarkan program pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum dengan pagu Rp570 juta.

Kemudian pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah dengan pagu Rp200 juta. Program ini diharapkan mampu mengintervensi pemenuhan sebagian kebutuhan air bersih dan sanitasi layak di Kabupaten Katingan.

"Selain itu juga ada program pengadaan formasi tenaga bidan dan tenaga perawat untuk PPPK tahun 2023 dan 2024," katanya. 

Pransang mengatakan, pada tahun anggaran 2023 telah dianggarkan peningkatan infrastruktur jalan kabupaten melalui program penyelenggaraan jalan dengan pagu Rp105,603  miliar lebih.

"Kita juga patut bersyukur situasi dan kondisi ketentraman dan ketertiban pada tahun 2023 di Kabupaten Katingan dalam keadaan aman dan terkendali," katanya. 

Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah, mengatakan LKPJ Bupati Katingan tahun 2023 akan dibahas bersama DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

"Untuk itu, diundang seluruh anggota DPRD untuk hadir pada rapat pada Senin 29 April 2024 nantinya. Kemudian, pada Selasa 30 April 2024 dilaksanakan kembali rapat paripurna ke 4 dalam hal penyampaikan keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD Katingan terhadap LKPJ Bupati Katingan tahun 2023," demikian Nanang Suriansyah. 

Baca juga: Pemkab Katingan optimalkan peran pemerintah desa deteksi stunting

Baca juga: Bupati Katingan lantik Damang Kepala Adat

Baca juga: Pemkab Katingan optimalkan peran Genre cegah stunting sejak dini