Pemkab Pulang Pisau manfaatkan Safari Ramadhan sarana penyampaian isu strategis pembangunan

id pemkab pulang pisau, pj bupati nunu andriani, safari ramadhan, pulpis, inflasi, stunting

Pemkab Pulang Pisau manfaatkan Safari Ramadhan sarana penyampaian isu strategis pembangunan

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani menyerahkan insentif kepada guru ngaji dan bantuan paket sembago dalam safari ramadhan di Masjid Nurul Islam Desa Sakakajang Kecamatan Jabiren Raya, Selasa (2/4/2024). (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) -
Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani mengungkapkan, permasalahan stunting dan inflasi menjadi salah satu isu strategis yang dibawa dalam Safari Ramadhan yang dilaksanakan pemerintah setempat di sejumlah kecamatan.
 
“Safari Ramadhan ini dimanfaatkan pemerintah setempat untuk bersama-sama memberikan perhatian serius kepada permasalahan-permasalahan yang perlu penanganan yang melibatkan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Selasa malam.
 
Menurutnya Safari Ramadhan bukan saja dalam rangka memperkuat silaturahmi ukhuwah Islamiyah, tetapi juga untuk membangun sinergi bersama unsur Forkopimcam dan masyarakat dengan mendengarkan usulan serta masukan yang disampaikan dari berbagai pihak.
 
Dalam Safari Ramadhan di Masjid Nurul Islam Desa Sakakajang Kecamatan Jabiren Raya, dirinya mengingatkan dampak inflasi yang bisa menyebabkan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok khususnya pada bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: RSUD Pulang Pisau kembali laksanakan operasi gratis bibir sumbing
 
Beberapa komoditas, terang Nunu Andriani, bisa memicu tingginya inflasi seperti pada komoditas cabai yang harganya mengalami kenaikan yang signifikan.
 
Ia berharap masyarakat di kabupaten bisa memberdayakan lahan pekarangan rumah yang dimiliki untuk menanam berbagai tanaman yang memiliki nilai ekonomis bagi rumah tangga dan bisa menekan inflasi tersebut.
 
Upaya untuk menekan laju inflasi, terang Nunu, pemerintah setempat terus berupaya memberikan bantuan berupa subsidi kepada masyarakat melalui pasar penyeimbang yang secara berkelanjutan dan terus digulirkan di setiap kecamatan.
 
Langkah yang diambil ini membuktikan pemerintah hadir dan berkomitmen secara nyata untuk membantu masyarakat di tengah daya beli masyarakat mengalami penurunan saat ini.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, kehadirian pemerintah di tengah masyarakat pada Safari Ramadhan merupakan salah satu upaya mempererat tali silaturahmi.
 
"Selamat bagi segenap umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan berharap tercipta rasa kebersamaan serta kerukunan antar umat beragama," tuturnya.
 
Seperti rangkaian Safari Ramadhan sebelumnya, Nunu Andriani di Masjid Nurul Islam Desa Sakakajang juga menyerahkan insentif kepada tujuh orang guru ngaji serta memberikan sejumlah bantuan paket sembako kepada perwakilan masyarakat.

Baca juga: Bupati minta PPPK Pulpis terus diminta meningkatkan dan mengimbangi kompetensi

Baca juga: Pj Bupati meyakini optimalisasi lahan rawa pacu produksi padi di Pulang Pisau

Baca juga: Jalan rusak di Desa Bawan Pulang Pisau akibatkan antrean panjang