Bupati: Halalbihalal ajang Korpri Kotim kobarkan semangat kebersamaan

id Bupati Kotawaringin Timur, Kotawaringin Timur, Kotim, Kalimantan Tengah, Halikinnor, kalteng

Bupati: Halalbihalal ajang Korpri Kotim kobarkan semangat kebersamaan

Foto bersama Bupati Kotim Halikinnor dan Wakil Bupati Kotim Irawati dengan keluarga besar Korpri Kotim, Rabu (17/4/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor menghadiri halalbihalal Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri) Kotim dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, bertujuan untuk menjadi motivasi agar terus mengobarkan semangat kebersamaan.

"Kita melaksanakan halalbihalal, silaturahim dengan seluruh ASN setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa. Melalui acara ini kita ingin memperkuat kebersamaan dan hubungan yang harmonis antar ASN," kata Halikinnor di Sampit, Rabu.

Halal bi halal dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Jalan MT Haryono. Turut hadir Wakil Bupati Kotim Irawati, Sekda Kotim Fajrurrahman, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan jajaran ASN Kotim. Acara juga diisi dengan siraman rohani berupa tausiah yang dibawakan ustadz HM Al Ghifari.

Halikinnor menuturkan acara halalbihalal merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setelah Ramadhan. Melalui kegiatan tersebut ia mengajak seluruh ASN untuk saling memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah diperbuat, sehingga kedepannya bisa lebih harmonis dan bersinergi satu sama lain.

Lewat momen itu pula ia mengingatkan seluruh ASN untuk selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan tugas dan fungsi, terus bekerja keras, kerja cerdas dan ikhlas serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Kebersamaan adalah kunci utama yang dapat membangkitkan sinergi antara berbagai pihak. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersamaan guna menghasilkan karya yang berharga bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Halikinnor berharap kegiatan halalbihalal tersebut tak sekadar acara seremonial, tetapi menjadi momentum untuk berbenah dan introspeksi diri bagi para ASN.

Para ASN hendaknya mampu menjadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk terlahir kembali menjadi pribadi yang lebih baik, menjalankan tugas sebagai abdi negara dengan sepenuh hati dan turut serta mewujudkan Kotim yang mandiri, maju dan sejahtera seperti yang diamanatkan dalam RPJMD 2021-2026.

"Kami harap setelah puasa selama Ramadhan, maka kinerja ASN Kotim akan lebih baik, pelayanan kepada masyarakat semakin prima dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," ucap orang nomor satu di Kotim tersebut.

Baca juga: Halalbihalal Sekretariat DPRD Kotim momentum tingkatkan kekompakan

Dalam kesempatan itu, Halikinnor menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN Kotim yang taat dan tertib terhadap aturan mengenai libur dan cuti bersama Lebaran. Terbukti pada hari pertama kerja, ia melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke beberapa instansi dan semua ASN dinyatakan telah aktif kembali.

Instansi yang bergerak di bidang pelayanan publik, seperti rumah sakit dan mal pelayanan publik (MPP) habaring hurung semua sudah berjalan seperti biasa, melayani masyarakat sejak hari pertama masuk kerja.

Meskipun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang memungkinkan ASN untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 16-17 April 2024 sebagai upaya untuk memanajemen arus balik Lebaran, namun tidak ada ASN Kotim yang memanfaatkannya.

"Ini cukup membanggakan, bahwa setelah libur Lebaran tidak ada ASN yang menambah libur. Terima kasih bagi seluruh ASN yang telah aktif kembali, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik," demikian Halikinnor.

Baca juga: Pantai Ujung Pandaran masih paling diminati wisatawan

Baca juga: Pemkab Kotim komitmen lanjutkan pembangunan sirkuit agar sesuai standar

Baca juga: Bupati Kotim upayakan gedung Sampit Expo fungsional