Pemkab Kotim komitmen lanjutkan pembangunan sirkuit agar sesuai standar

id Pemkab Kotimkomitmen lanjutkan pembangunan sirkuit agar sesuai standar, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Bupati Kotim, Hal

Pemkab Kotim komitmen lanjutkan pembangunan sirkuit agar sesuai standar

Bupati Kotim Halikinnor bersama sejumlah pejabat terkait meninjau kondisi sirkuit road race di Jalan Jenderal Sudirman Km 5,5, Selasa (16/4/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mulai menyusun rencana untuk melanjutkan pembangunan sirkuit road race di Sampit agar dapat memenuhi standar dan representatif untuk menyalurkan bakat balap muda-mudi Kotim.

“Saya sudah minta Kepala Dispora sambil di monitor Sekda untuk menganggarkan, pertama untuk konsultan supaya dirancang betul-betul sirkuit itu,” kata Halikinnor di Sampit, Selasa.

Hal itu ia sampaikan usai meninjau kondisi sirkuit road race dan grass track yang berada di kawasan Sport Center di Jalan Jenderal Sudirman Km 5,5 Sampit. Dalam peninjauan tersebut ia didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Kepala Dispora Wiyono, Kepala Bina Marga Mentana Dhinar Tistama, Kepala Dinas Cipta Karya Rafiq Riswandi, dan lainnya.

Berdasarkan peninjauan tersebut Halikinnor menilai lintasan untuk grass track sudah siap karena hanya memerlukan gundukan-gundukan tanah sebagai medannya. Sebaliknya, untuk lintasan road race belum siap.

Lintasan road race meskipun telah diberi agregat namun belum bisa dimanfaatkan sebagai lokasi balap motor, karena belum beraspal. Di samping itu, dari penilaian Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebelumnya, lintasan tersebut juga belum memenuhi standar baik dari segi kemiringan, tikungan dan lainnya.

“Kalau kami lihat secara keseluruhan lintasan tersebut sudah ada bentuknya, hanya saja menurut IMI itu belum sesuai standar. Karena lintasan sirkuit itu ada tingkat kemiringan dan belokan segala macam, itulah yang kami tinjau tadi,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, Halikinnor telah menginstruksikan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menghitung keperluan anggaran untuk melanjutkan pembangunan sirkuit road race sembari dikawal oleh Sekda selaku Ketua Tim Anggaran. 

Baca juga: Bupati Kotim upayakan gedung Sampit Expo fungsional

Ia juga meminta agar dalam merancang rencana pembangunan lanjutan ini melibatkan konsultan dan IMI agar hasilnya benar-benar sesuai standar. Selain itu, fasilitas pendukung juga akan menjadi perhatian pihaknya, salah satunya jalan masuk menuju kawasan Sport Center akan diaspal sepenuhnya tahun ini.

Halikinnor menambahkan, balap motor merupakan salah satu olahraga yang paling digemari masyarakat Kotim. Tak sedikit talenta muda Kotim yang berbakat di bidang balap motor. Namun, karena belum adanya fasilitas yang representatif membuat para muda-mudi ini menyalurkan bakat balap tidak pada tempatnya.

Hal ini pula yang mendorong pemerintah daerah untuk segera menuntaskan pembangunan sirkuit dan memenuhi standar agar dapat digunakan untuk kejuaraan balapan maupun latihan bagi atlet Kotim.

“Insyaallah, ke depan itu akan menjadi perhatian dan prioritas kami untuk membangun. Karena saya ingin mewujudkan sirkuit yang representatif sehingga anak-anak muda kita bisa menyalurkan bakat balapnya,” demikian Halikinnor.

Sirkuit road race di Sampit mulai dibangun pada 2018, saat kepemimpinan Bupati Kotim Supian Hadi bersama Wakil Bupati Almarhum Taufiq Mukri. Rencana awal, sirkuit tersebut dibangun dengan anggaran multiyears sebesar Rp25 miliar dan ditargetkan rampung pada 2020. Namun, kemudian muncul kendala sehingga pembangunan sirkuit itu belum tuntas.

Menurut Halikinnor sangat disayangkan jika proyek yang menelan anggaran besar itu tidak dimanfaatkan, terlebih adanya dorongan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan pembangunan tersebut, khususnya bagi pecinta olahraga balap motor.

Oleh sebab itu, ia berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan. Namun, ia juga ingin memastikan semua berjalan sesuai aturan, termasuk hal teknis desain sirkuit tersebut.

Baca juga: Kemenhub pantau standar pelayanan keselamatan dan kenyamanan penumpang di Pelabuhan Sampit

Baca juga: Bupati Kotim pastikan pelayanan publik berjalan optimal pasca libur Lebaran

Baca juga: Sebuah sekolah di Sampit diliburkan akibat banjir