Kapuas raih juara satu lomba TTG tingkat provinsi

id pemkab kapuas, dpmd kapuas, kapuas juara lomba ttg, teknologi tepat guna, inovasi, kuala kapuas

Kapuas raih juara satu lomba TTG tingkat provinsi

Dua peserta dari Kabupaten Kapuas berhasil meraih juara dalam lomba TTG tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/HO-DPMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kabupaten Kapuas berhasil meraih juara satu dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024.
 
“Dari dua peserta yang kami kirim, lomba TTG berhasil meraih juara satu. Sedangkan lomba TTG Unggulan meraih juara tiga,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Untuk juara satu Inovasi TTG yakni Ali Mustapa. TTG yang dilakukan adalah pembuatan dan penggunaan alat pemupuk hortikultura, merupakan peserta dari Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang.
 
Sedangkan lomba TTG Unggulan yakni Singkir, TTG yang dilakukan adalah produksi dan pengembangan probiotik untuk budi daya ikan dan ternak.
 
“Hasil pengumannya dilakukan pada Kamis (18/4) malam. Alhamdulillah kami kembali berhasil meraih prestasi membanggakan dalam lomba TTG tingkat provinsi,” katanya.
 
Atas keberhasilan Ali Mustapa sebagai peserta pembuatan dan penggunaan alat pemupuk hortikultura, dia berhak mengikuti tahap selanjutnya di tingkat nasional mewakili Kalteng dalam lomba yang sama.
 
“Lombanya dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 6 hingga 8 Juni 2024. Semoga Kapuas bisa berhasil kembali membawa nama baik Kalteng dan pada khususnya Kapuas,” harapnya.

Baca juga: DPMD Kapuas kirim dua peserta ikuti lomba TTG tingkat Provinsi Kalteng
 
Keberhasilan Ali Mustapa ini, mengalahkan sebanyak 12 peserta dari delapan kabupaten di Kalteng yang turut berpartisipasi. Adapun kegiatan ini digelar Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
 
Tujuannya untuk menggali potensi-potensi yang ada dan memberi ruang bagi masyarakat luas (inovator) untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan bidang teknologi, khususnya TTG.
 
TTG merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta memberi nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.
 
Pelaksanaan Lomba Inovasi Teknologi ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah perdesaan, sehingga dapat menghasilkan Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas lantik 12 pejabat pimpinan tinggi pratama

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Apdesi tingkatkan peran dalam pembangunan

Baca juga: Pemkab Kapuas beri bantuan kendaraan operasional ke aparat hukum