DPMD Kapuas kirim dua peserta ikuti lomba TTG tingkat Provinsi Kalteng

id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas, DPMD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kapuas, kalimantan tengah, kalteng

DPMD Kapuas kirim dua peserta ikuti lomba TTG tingkat Provinsi Kalteng

Peserta Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024. ANTARA/HO-DPMD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, mengirimkan dua perwakilan peserta mengikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024.

"Dalam mengikuti lomba TTG dan TTG Unggulan tingkat Provinsi Kalteng, kami mengirim dua peserta," kata Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Kamis.

Untuk peserta lomba TTG sendiri,  presentasi TTG yang dilakukan adalah pembuatan dan penggunaan alat pemupuk holtikultura, merupakan peserta perwakilan dari Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang mewakili Kapuas ke tingkat provinsi. Sedangkan peserta lomba TTG Unggulan, presentasi TTG yang dilakukan adalah produksi dan pengembangan probiotik untuk budidaya ikan dan ternak.

Kedua peserta yang mewakili Kapuas ini, merupakan peserta pemenang lomba TTG dan TTG Unggulan tingkat kabupaten setempat, yang dilaksanakan belum lama ini oleh DPMD setempat.

"Mudah-mudahan Kapuas bisa kembali meraih kemenangan lagi seperti tahun sebelumnya, Kapuas berhasil mewakili kalteng ke tingkat nasional dalam lomba tersebut," demikian Budi Kurniawan.

Sementara kegiatan ini digelar Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat, untuk mencoba menggali potensi-potensi yang ada dan memberi ruang bagi masyarakat luas (inovator) untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan bidang teknologi, khususnya TTG.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas lantik 12 pejabat pimpinan tinggi pratama

Sebagai informasi, TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta memberikan nilai tambah aspek ekonomi dan lingkungan.

Pelaksanaan Lomba Inovasi Teknologi ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah Perdesaan, sehingga dapat menghasilkan Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Apdesi tingkatkan peran dalam pembangunan

Baca juga: DPMD pastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas beri bantuan kendaraan operasional ke aparat hukum