DPRD Murung Raya minta DPRKPP serius tanggulangi kawasan kumuh

id DPRD Murung Raya minta DPRKPPserius tanggulangi kawasan kumuh, kalteng, mura, murung raya

DPRD Murung Raya minta DPRKPP serius tanggulangi kawasan kumuh

Anggota DPRD Murung Raya, Heriyus saat bertemu dengan warga di Kota Puruk Cahu, beberapa waktu lalu. ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Kalimantan Tengah, Heriyus meminta pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kawasan kumuh oleh pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) kabupaten setempat tahun anggaran 2024 ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.

“Ini tugas kita sebagai fungsi penganggaran dan pengawasan. Kolaborasi bersama dinas teknis terkait tentu akan memperkuat implementasi program-program tersebut,” kata katanya di Puruk Cahu, Kamis

Menurut Heriyus, dirinya atas nama DPRD juga meminta agar DPRKPP di daerah tersebut mempunyai peran penting dalam memastikan penanggulangan kawasan kumuh sesuai kebutuhan masyarakat. Apalagi saat ini masih bisa dihitung wilayah yang masuk kawasan kumuh.

Dia menilai keberhasilan kegiatan tersebut juga salah satunya ditentukan dari terus meningkatnya kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya menciptakan kawasan yang tertata.

Baca juga: Disdikbud Mura berikan pelatihan PBD dan Sulingjar ke puluhan kepsek

“Kita berharap dinas terkait melalui kolaborasi bersama DPRD sebelumnya dapat melakukan kegiatan sosialisasi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penanggulangan kawasan kumuh, baik dalam bentuk forum diskusi, pertemuan dengan warga, atau melalui sosial media dan saluran komunikasi lainnya,” ujar Heriyus lagi.

Heriyus menambahkan pihaknya dari DPRD akan memastikan bahwa proyek-proyek infrastruktur yang dilaksanakan di kawasan kumuh sesuai dengan rencana dan tidak meninggalkan dampak negatif bagi masyarakat setempat.

“Ini termasuk memastikan bahwa proyek-proyek tersebut dilakukan dengan transparan dan akuntabel, terutama yang dilaksanakan di Kota Puruk Cahu sendiri,” tandasnya. 

Menurut Heriyus lagi tentunya ini sangat penting sekali dilakukan mengingat Puruk Cahu masih kategori berkembang. Untuk itu kondisi saat ini sangat memungkinkan untuk dilakukan penanganan dalam mencegah serta menanggulangi kawasan kumuh.

Baca juga: Legislator Mura minta Pemkab anggarkan pembangunan Gedung KONI

Baca juga: Pj Bupati minta KONI Mura lebih fokus kembangkan prestasi olahraga

Baca juga: Pemkab Murung Raya targetkan penurunan stunting 14 persen