Upayakan manfaat optimal masyarakat, DPRD Mura dorong percepatan pengerjaan pembangunan

id dprd mura, rumiadi, belanja modal, realisasi triwulan II, puruk cahu, murung raya

Upayakan manfaat optimal masyarakat, DPRD Mura dorong percepatan pengerjaan pembangunan

Anggota DPRD Murung Raya, Rumiadi. (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Anggota DPRD Murung Raya, Kalimantan Tengah, Rumiadi mendorong agar pemkab setempat mempercepat merealisasikan belanja modal triwulan II yakni April-Juni tahun anggaran 2024.
 
Ini menunjukkan pentingnya pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur atau pembelian aset yang direncanakan agar dapat memanfaatkan anggaran yang telah dialokasikan dengan efisien dan tepat waktu, katanya di Puruk Cahu, Jumat.
 
“Artinya pemerintah daerah kami harapkan atau diminta segera melaksanakan atau mengimplementasikan pengeluaran untuk investasi modal pada tiga bulan kedua dari tahun anggaran ini,” jelas Rumiadi.
 
Menurutnya cukup banyak proyek-proyek yang termasuk belanja modal yang memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat. Hal itu banyak tertunda pada triwulan pertama lalu.
 
“Ini termasuk pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, fasilitas kesehatan, pendidikan, air bersih, atau proyek-proyek yang memperbaiki kualitas hidup masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab minta penerapan e-kinerja dilakukan semua SOPD di Murung Raya
 
Jika belanja modal tidak digunakan dengan tepat atau terjadi penyalahgunaan, menurut Rumiadi akan banyak proyek-proyek tersebut mungkin tidak memberikan manfaat yang signifikan kepada masyarakat atau bahkan merugikan.
 
“Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk melakukan perencanaan yang matang, transparan, dan akuntabel dalam pengelolaan belanja modal guna memastikan dana tersebut benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan,” tandasnya.
 
Dalam konteks ini, ditambah Rumiadi diperlukan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek-proyek belanja modal juga merupakan hal yang penting untuk memastikan keberhasilan dan keadilan dalam distribusi manfaatnya.

Baca juga: DPRDKPP Murung Raya di 2024 fokuskan program atasi kawasan kumuh

Baca juga: Forum Puspa Murung Raya perluas pengetahuan perlindungan perempuan dan anak

Baca juga: DPRD Murung Raya minta DPRKPP serius tanggulangi kawasan kumuh