KPU Bartim segera lantik 50 PPK jelang Pilkada 2024

id Ketua Komisi Pemilihan Umum, KPU Barito Timur, Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita, kalteng, bartim

KPU Bartim segera lantik 50 PPK jelang Pilkada 2024

Ketua KPU Bartim Satya Hedipuspita. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita menyatakan bahwa pihaknya segera melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam rangka mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Totalnya ada 50 orang untuk tiap kecamatan lima anggota PPK dan nanti dilanjutkan dengan rekrutmen panitia ad-hock lainnya," kata Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Selasa.

Dikatakan rekrutmen ad hock dimaksud yakni mulai PPK sudah dimulai pada Senin (22/4) pekan kemarin dan berlanjut pada rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 103 desa dan kelurahan pada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Timur, dengan jumlah total 309 orang PPS, serta rekrutmen KPPS.

Sedangkan untuk rekrutmen pengawas diserahkan kewenangan kepada Banwaslu Bartim sebagaimana Keputusan KPU Bartim 27 Tahun 2024 Tentang Pedoman Teknis Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur 2024.

"Kami juga akan melakukan rekrutmen untuk Pantarlih yang bertujuan pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024 di Bartim," kata Satya.

Dia menambahkan, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dimulai akhir Mei hingga November 2024. Dengan harapan, tidak ada pemilih yang tertinggal atau tidak terdata.

"Kami juga berharap disini bahwa pemilih atau warga Bartim juga aktif berkoordinasi dengan Pantarlih atau PPS maupun PPK agar terdaftar sebagai pemilih," kata Satya.

Baca juga: Diskominfosantik Kalteng ingatkan masyarakat waspada hoaks jelang Pilkada 2024

Berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada 2024 mulai tanggal 5 Mei itu adalah tahapan pemenuhan pendaftaran calon untuk calon perseorangan sampai dengan tanggal 19 Agustus 2024. Pengumuman pendaftaran pada tanggal 24-26 Agustus 2024 dan pendaftaran pasangan calon dimulai pada 27 - 29 Agustus 2024.

"Hingga saat ini kita belum mendapatkan informasi ada dari calon perseorangan yang mendaftarkan diri atau pun ingin maju dalam pilkada Barito Timur 2024," kata Satya.

Saat ini sejumlah partai politik di Kabupaten Barito Timur melakukan penjaringan calon dengan membuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur.

Sejumlah nama yang muncul diantara H Supriatna (Partai Golkar), Eskop  (Partai Gerindra/Mantan Sekda Bartim), Fristio (Mantan Ketua DPRD Bartim), Adi Garoe (pengusaha), dr Simon (pensiunan), Muniko Kurniawan (pengusaha) Ariantho S Muler (Wakil Ketua DPRD Bartim) sedangkan dari PDIP belum terlihat siapa yang maju antara Munita Mustika Dewi atau M Yamin.

Baca juga: Polda Kalteng ingatkan masyarakat waspada hoaks jelang Pilkada 2024

Baca juga: Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Kotim rekrut 51 panwaslu kecamatan

Baca juga: KPU Barito Utara buka sayembara lomba jingle dan maskot Pilkada 2024