Legislator Gumas berharap FBIM tumbuhkan kecintaan terhadap budaya

id Legislator Gumas berharap FBIM tumbuhkan kecintaan terhadap budaya, kalteng, gumas, Gunung mas, budaya

Legislator Gumas berharap FBIM tumbuhkan kecintaan terhadap budaya

Legislator Gumas Cici Susilawati dan lainnya berfoto bersama kontingen FBIM Gumas di Palangka Raya, Selasa (21/5/2024). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati menyambut baik pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang dipusatkan di Kota Palangka Raya, 18-23 Mei 2024.

“FBIM saya harap mampu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya kepada masyarakat Kalteng termasuk Gumas, khususnya kepada generasi muda,” ucap Cici saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Politisi Partai Demokrat ini menyebut, di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, beragam hal dengan mudah masuk ke Indonesia, termasuk ke kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Misalnya saja game online dengan beragam jenis permainan yang dapat dimainkan di smart phone, yang saat ini digandrungi generasi muda. Game online sedikit banyak mengancam kecintaan dan kelestarian permainan tradisional.

Keberadaan FBIM, yang mempertandingkan berbagai cabang lomba di bidang seni budaya dan olahraga tradisional, diharap akan menumbuhkan serta memperkuat kecintaan terhadap seni budaya dan olahraga tradisional di tengah kemajuan teknologi.

“Melalui FBIM, saya harap generasi muda menjadi mengetahui, mengenal, mencintai, dan ikut melestarikan seni budaya serta olahraga tradisional kita,” kata perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing itu.

Baca juga: Penggilingan padi modern tingkatkan kualitas hasil pertanian petani Gunung Mas

Lebih lanjut, Cici bersama sejumlah rekan-rekan legislatif mendukung penuh kontingen Gumas yang ikut berpartisipasi pada gelaran FBIM. Mereka bahkan datang langsung menyaksikan penampilan kontingen Gumas pada lomba karungut di Palangka Raya, Selasa (21/5).

“Semoga kontingen Gumas bisa meraih prestasi yang membanggakan di berbagai cabang lomba yang diikuti,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya itu.

Sebelumnya, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan kontingen dari kabupaten setempat mengikuti delapan cabang lomba pada ajang FBIM 2024.

“Kontingen Gumas tidak mengikuti semua cabang mata lomba yang dipertandingkan pada FBIM 2024. Namun saya yakin yang diikuti oleh kontingen kita ini adalah cabang mata lomba yang berpotensi meraih medali emas,” kata dia saat pelepasan kontingen di Kuala Kurun, Jumat (17/5).

Adapun delapan cabang mata lomba yang diikuti oleh kontingen Gumas pada ajang FBIM 2024 yakni karnaval budaya, tari daerah, karungut kategori putra dan putri, jukung tradisional putra dan putri.

Cabang mata lomba lainnya yang diikuti oleh kontingen Gumas adalah habayang putra dan putri, lawang sakepeng putra dan putri, serta lomba pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Kalteng.

Baca juga: Program Ketapang Gaya mulai membuahkan hasil

Baca juga: Ketua DPRD Gumas: Kenaikan siltap dan tunjangan harus dibarengi peningkatan pelayanan

Baca juga: PT SLK dampingi giat posyandu, pastikan pemenuhan kesehatan bayi hingga lansia