Pembangunan sektor kesehatan di Lamandau terus dipacu

id pemkab lamandau, nanga bulik

Pembangunan sektor kesehatan di Lamandau terus dipacu

Re-akreditasi faskes di Lamandau. (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Salah satu yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah adalah sektor kesehatan dan hingga saat ini pemerintah daerah terus memacunya.

"Untuk itu kami terus memerhatikan berbagai sarana prasarana fasilitas kesehatan di daerah, termasuk puskesmas maupun lainnya," kata Penjabat Bupati Lilis Suriani.

Dia pun berharap puskesmas yang ada di Kabupaten Lamandau berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan serta perlindungan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Lamandau saat menghadiri penilaian re-akreditasi Puskesmas Kinipan oleh Tim Surveyor Lafkespri, Jumat (24/5/2024) di Desa Kinipan Kecamatan Batang Kawa.

Pj Bupati Lamandau mengatakan dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) telah dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja. Salah satunya adalah penilaian re-akreditasi.

“Akreditasi merupakan pengakuan yang diberikan Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar akreditasi”, kata Pj Bupati Lamandau.

Sementara itu, Ketua Tim Surveyor Lafkespri drg. Yayu Indriaty mengatakan bahwa Tim Surveyor ingin melihat langsung penyelenggaran pelayanan kesehatan baik itu kepada masyarakat maupun perorangan di Puskesmas Kinipan sudah berjalan dengan baik atau belum.

“Kami juga akan mengambil dokumentasi karena itu merupakan alat ukur yang dipakai untuk mengetahui bahwa puskesmas kinipan terstandar yang artinya posisi puskesmas kinipan diakui di Indonesia. Selain itu, kami juga akan mengecek hal-hal yang lain sesuai standar akreditasi," katanya.