DPRD Kalteng minta lebih serius tangani konflik masyarakat dengan PBS

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta lebih serius tangani konflik masyarakat dengan PBS

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering. ANTARA/HO-Freddy Ering.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Yohanes Freddy Ering, meminta pemerintah dan pihak terkait lainnya serius menangani berbagai permasalahan ataupun konflik antara masyarakat dan perusahaan besar swasta (PBS).

"Kasus yang banyak terjadi akhir-akhir ini harus mendapat perhatian serius, sehingga konflik dapat secepat mungkin diselesaikan dan tidak berlarut-larut," kata Freddy Ering di Palangka Raya, kemarin.

Legislator Kalteng itu juga meminta baik pemerintah, aparat penegak hukum dan instansi terkait agar menangani dengan serius, adil dan transparan. Hal ini penting, mengingat konflik yang terjadi telah menelan korban jiwa.

Penyelesaian kasus yang terjadi tidak hanya upaya mencari titik terang penanganan permasalahan tersebut, akan tetapi sebagai upaya memberi kepercayaan kepada masyarakat bahwa pemerintah dan aparat penegak hukum lebih serius.

"Ya, kalau tidak ini akan menimbulkan apatisme terhadap hukum dan pemerintahan dan akan terus menghantui proses pembangunan hukum di daerah ini," ucapnya. 

Diharapkan dengan kepekaan pemerintah terhadap penyelesaian konflik antara masyarakat dengan PBS dapat mencegah hal-hal yang dapat merugikan semua pihak. Tentunya hal ini juga akan membawa iklim investasi yang baik dan masyarakat yang sejahtera.

"Harus sama-sama saling berkoordinasi, baik pemerintah, aparat penegak hukum, pihak perusahaan dan masyarakat, supaya tidak ada permasalahan yang terjadi," demikian Freddy Ering.