Marquez Bolden ingin kembali memperkuat Timnas Indonesia

id Marquez Bolden,pemain nba,timnas indonesia,basket

Marquez Bolden ingin kembali memperkuat Timnas Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia Timnas Indonesia yang bermain di NBA bersama tim Charlotte Hornets berencana untuk kembali bermain untuk Merah Putih di masa datang. ANTARA/HO-Perbasi

Jakarta (ANTARA) - Pemain NBA dari tim Charlotte Hornets sekaligus pemain naturalisasi Timnas Indonesia Marquez Bolden membeberkan rencananya untuk bisa kembali memperkuat tim Merah Putih di masa datang.


"Jelas itu adalah sesuatu yang harus didiskusikan oleh saya, agen saya, dan tim nasional. Tetapi saya pasti berencana untuk mewakili negara ini selama sisa karier saya," kata Bolden kepada pewarta di Jakarta, Rabu.

Bolden membawa Indonesia meraih emas SEA Games untuk pertama kalinya di cabang olahraga bola basket pada penyelenggaraan pesta olahraga Asia Tenggara tersebut tahun 2022 di Vietnam.

Marquez Bolden yang telah memiliki nama Indonesia Joyo ini melewatkan ajang yang sama pada SEA Games 2023 Kamboja. Tanpa Bolden, Timnas Basket Putra Indonesia pulang dengan tangan kosong dari Phnom Penh.



Bolden baru kembali memperkuat Timnas Indonesia pada ajang Indonesia International Basketball Invitational (IBII) yang merupakan kompetisi kecil sebagai ajang uji coba penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 di Jakarta.

Terakhir kalinya Bolden memperkuat Timnas Indonesia yaitu pada ajang Prakualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Damaskus Suriah. Meski tim Indonesia gagal lolos ke babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Bolden menunjukkan performa yang sangat tangguh dengan sempat skor tertinggi 40 poin dalam satu laga.

"Saya banyak bersenang-senang dan meraih sukses bermain bersama tim nasional, dan itu (bermain untuk Timnas Indonesia) adalah sesuatu yang terus saya rencanakan untuk dilakukan di masa depan," kata dia.

Setelah berlaga di ajang Prakualifikasi Olimpiade Paris 2024, Bolden mendapatkan kontrak dua arah dari tim besar NBA Milwaukee Bucks. Namun Bolden hanya bermain dua laga dengan total 3 menit waktu bermain. Bolden kemudian pindah ke Chartlotte Hornets dan mendapatkan menit bermain lebih banyak di sana.



Bolden membela Hornets dengan memainkan sembilan laga di musim NBA 2023-2024 dengan total 118 menit waktu bermain. Dia telah mengumpulkan 37 poin, 32 rebound, dan 4 assist selama berseragam Hornets.

Marquez Bolden yang kini berusia 26 tahun mengaku sangat puas dengan karier NBA-nya di musim ini. Dia menargetkan untuk bisa terus bermain bersama Hornets di musim depan, khususnya sebagai pemain rotasi yang terus dapat diandalkan.

"Bagi saya pribadi, saya ingin menjadi pemain rotasi yang dapat diandalkan. Saya tahu apa yang mampu saya lakukan, dan saya tahu seberapa keras saya bekerja. Jadi ini bergantung pada saya. Saya ingin menunjukkan bahwa saya sangat bisa diandalkan, dan saya akan berjuang demi rekan saya setiap malam," kata Bolden.

Marquez Bolden bersama dengan rekan satu timnya di Charlotte Hornets datang ke Indonesia untuk mengisi program Jr NBA. Program tersebut memperkenalkan lebih dalam mengenai bola basket ke anak-akan sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Bolden dan Williams akan memberikan pelatihan singkat tentang bola basket kepada anak-anak di Indonesia dalam program Jr NBA.