Bahan dan cara memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

id jeroan ,resep,tips masak,idul adha

Bahan dan cara memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

Sambal paru a la Chef Devina Hermawan (ANTARA/YouTube/Devina Hermawan)

Jakarta (ANTARA) - Dalam perayaan Idul Adha seringkali masyarakat mengolah daging untuk hidangan yang berkuah santan seperti tongseng, rendang, semur, malbi daging khas Palembang atau sate.

Koki selebritas Devina Hermawan memberikan salah satu rekomendasi hidangan lain selain kuah santan yang juga bisa disajikan sebagai kreasi hidangan saat Idul Adha dari bahan jeroan.

“Kadang di Idul Adha suka dapat jeroan, itu jadi hidangan yang tidak terlalu sering dimasak di rumah tapi kalau ada bagi yang suka itu jadi spesial,” katanya saat ditemui media dalam konferensi pers Kitchenette Kitchen Takeover di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Tips mengolah daging sapi agar lembut dan empuk

Untuk hidangan menggunakan jeroan sapi, Devina merekomendasikan untuk mengkreasikannya menjadi sambal paru. Dalam membuat sambal paru, bagian paru harus dipersiapkan dengan baik agar tidak bau saat dimasak.

Prosesnya potong kecil-kecil paru mentah dan cuci serta bilas paru dengan air mengalir untuk mengurangi darahnya. Proses ini bisa diulang tiga hingga empat kali sampai air bilasan menjadi bening.

Setelah itu, marinasi paru dengan garam dan tepung tapioka untuk mengurangi bau paru. Marinasi paru selama 30 menit hingga satu jam.

Baca juga: Santap buah sebelum makan daging bantu jaga kesehatan selama Idul Adha

“Garam untuk dia meresap ke paru, dan tapioka akan mengurangi bau paru,” katanya.

Setelah itu, cuci kembali paru yang telah termarinasi dengan garam dan tepung tapioka di air mengalir sampai tepung menghilang. Jika sudah bersih, potongan paru bisa direbus dengan potongan jahe sampai empuk, atau kira-kira 30-35 menit.

Jangan lupa untuk membuang air rebusan paru, proses ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau paru dan membuat paru semakin empuk. Setelah itu olah paru sapi untuk dijadikan sambal paru yang nikmat.

Baca juga: Ahli gizi bagikan kiat konsumsi daging kurban bagi pengidap kolesterol

Berikut resep sambal paru yang dikutip dari kanal YouTube Devina Hermawan untuk inspirasi hidangan Idul Adha.

Sambal Paru (untuk 5 porsi)

Bahan marinasi:
400 gram paru sapi
1 sdm garam
4 sdm tepung tapioka

Bahan bumbu halus:
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
200 gr cabai merah dan cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah

Baca juga: Idul Adha tiba, makanan ini sebaiknya dibatasi

Bahan lainnya:
100 ml minyak
6 buah cabai rawit merah
1 batang serai
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas
1 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
300 ml air
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur atau kaldu sapi bubuk
½ sdt penyedap

Cara membuat:

1.Potong kotak paru lalu cuci hingga bersih
2. Marinasi paru dengan garam dan tapioka, aduk rata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Rebus paru selama 30-35 menit, tiriskan.
3. Masukkan cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih dan bawang merah ke dalam food processor, haluskan hingga sedikit kasar.
4. Geprek serai dan lengkuas. Panaskan minyak, masukkan paru, lengkuas, serai, dan daun jeruk, masak hingga kecokelatan.
5. Masukkan bumbu halus masak hingga wangi kemudian masukkan air, garam, gula pasir, kaldu jamur, penyedap, asam jawa dan cabai rawit utuh. Masak hingga meresap.
6. Sambal paru siap disajikan.