WINGS Group luncurkan SoSoft 2in1 dengan pelembut alami 'aloe vera'

id Wings group,pewangi,sabun

WINGS Group luncurkan SoSoft 2in1 dengan pelembut alami 'aloe vera'

Aktris Nana Mirdad (kedua dari kanan) menghadiri acara peluncuran SoSoft 2in1 di Badung, Bali, Rabu (19/6/2024). (ANTARA/HO-WINGS Group Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - WINGS Group Indonesia berinovasi dengan meluncurkan SoSoft 2in1 yang merupakan detergen tumbuhan plus softener alami aloe vera pertama di Indonesia yang menggabungkan bahan aktif tumbuhan dengan bahan pelembut alami.

“Kami optimis kehadiran SoSoft 2in1 mampu menggeliatkan pasar plant-based detergentdengan berbagai pilihan wangi dan benefityang memudahkan masyarakat, khususnya perempuan, dalam mencuci,” ujar Marketing Manager Fabric Care Category WINGS Group Indonesia Anastasia Pamela di Badung, Bali, Rabu, dikutip dari pernyataannya yang diterima di Jakarta.

Ia mengatakan bahwa perilisan produk baru tersebut merupakan upaya pihaknya untuk menjawab kebutuhan konsumen seiring dengan tren konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk rumah tangga.

Baca juga: Mahasiswa ITS hadirkan inovasi detergen organik ramah lingkungan

Menurutnya, kini banyak masyarakat yang menginginkan produk yang memiliki fungsi lebih dan nilai tambah, misalnya produk detergen yang tidak hanya mampu membersihkan noda dan memberikan keharuman, tapi juga mampu memberikan ekstra kelembutan pada pakaian.

Dermatolog dr. Tary Mantra, Sp.DVE menuturkan bahwa bahan pelembut alami yang terbuat dari aloe vera tidak hanya bermanfaat bagi pakaian yang dicuci, tapi juga kulit orang yang mencuci, sehingga sering digunakan dalam bidang kosmetik dan farmasi.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan komponen terbesar dalam aloe vera adalah air. Selain itu, aloe vera juga mengandung asam amino, vitamin, mineral, berbagai enzim, serta senyawa penting lainnya, seperti saponin dan antrakuinon.

Baca juga: Mahasiswa UGM ciptakan detergen ramah lingkungan dari belimbing wuluh

“Saponin ini merupakan kandungan utama sebagai anti bakteri dan anti jamur. Dengan kandungannya yang sangat kompleks aloe vera sering dikatakan sebagai tanaman dengan sejuta khasiat, baik itu untuk kulit bahkan pakaian,” ucapnya.

Aktris dan pengusaha Nana Mirdad yang turut hadir dalam acara peluncuran tersebut pun menilai bahwa SoSoft 2in1 dapat menjadi solusi bagi ibu-ibu rumah tangga yang khawatir karena memiliki masalah kulit sensitif dan masih sering mencuci menggunakan tangan.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya buat detergen dari cangkang kerang

Ia menyatakan bahwa dia pun termasuk konsumen yang memperhatikan bahan-bahan dan formulasi yang digunakan dalam produk-produk rumah tangga, terutama detergen. 

“Apakah detergen ini aman untuk pakaian anak-anak dan keluarga, lalu apakah bahannya dari bahan-bahan alami, bikin tangan kasar atau tidak, aman atau tidak untuk kulit sensitif, dan hal-hal lainnya yang seringkali jadi concern kami para ibu ketika memilih detergen,” imbuhnya.