Pemkab Kapuas beri peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengurus PKK

id Pemkab Kapuas beri peningkatankapasitas dan kapabilitas pengurusPKK, kalteng,Kapuas, pkk

Pemkab Kapuas beri peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengurus PKK

Kegiatan Seminar dan Lokakarya TP PKK Se-Kabupaten Kapuas, di Aula Rumah jabatan Bupati Kapuas, Selasa (2/7/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, melaksanakan kegiatan seminar dan lokakarya bagi TP PKK se-Kapuas.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas bagi TP PKK kecamatan, kelurahan dan desa sebagai mitra kerja pemerintah yang dituntut untuk maju, mandiri dan profesional di segala bidang,” kata Kadis PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan usai kegiatan, Selasa.

Menurutnya, tujuan utama dalam kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan baru terhadap ibu-ibu TP-PKK kecamatan, kelurahan dan desa terkait parenting, urusan keluarga dan lain sebagainya.

Kemudian, nantinya ada kegiatan seminar lokalatih yang akan dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terkait dengan public speaking, melatih bagimana Ibu-ibu TP-PKK ini bicara tampil di publik.

Selain itu ada sosialisasi program-program pokok TP PKK, capacity building atau pengembangan kapasitas dan juga ada motivasi serta pelatihan-pelatihan terkait dengan peningkatan kapasitas  kader-kader TP PKK khususnya kader PKK kecamatan, kelurahan dan desa di kabupaten setempat.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas luncurkan UHC program JKN Kartu Indonesia Sehat

“Pada prinsipnya, kami dari Dinas PMD Kapuas, sangat mendukung seluruh kegiatan program-program pokok TP PKK yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas. Dan kami berkomitmen untuk senantiasa bekerjasama dengan TP-PKK Kapuas, untuk melaksanakan program pokok PKK yang juga merupakan program nasional,” katanya.

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi, berharap kegiatan semiloka yang menghadirkan Dr Aisyah Dahlan  ini bisa memberikan kontribusi dan ilmu yang positif terhadap para kader PKK di daerah setempat.

"Karena ibu-ibu tim PKK merupakan juga salah satu komponen atau elemen bagaimana nantinya dalam memajukan, khususnya kegiatan PKK. Juga dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga," kata Pj Bupati Erlin Hardi.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP-PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi,  mengatakan dilaksanakannya kegiatan semiloka ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas tim PKK kecamatan, kelurahan dan desa.

"Karena PKK sebagai mitra kerja pemerintah dituntut untuk maju, mandiri dan profesional di segala bidang," demikian Agustina.

Baca juga: Rombongan terakhir jamaah haji Kapuas tiba dengan selamat

Baca juga: DPMD Kapuas optimalkan posyandu desa dan kelurahan

Baca juga: Pemprov Kalteng salurkan 3.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kapuas