DPMD Kapuas optimalkan posyandu desa dan kelurahan

id Dinas PMD Kapuas optimalkan posyandu desa dan kelurahan, Kapuas, kalteng, kesehatan,stunting

DPMD Kapuas optimalkan posyandu desa dan kelurahan

Suasana rapat koordinasi kelompok kerja oprasional atau Pokjanal Posnyadu Se-Kabupaten Kapuas, Senin (1/7/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat koordinasi Kelompok Kerja Operasional atau Pokjanal Posnyadu Se-Kapuas untuk mengoptimalkan keberadaan posyandu desa dan kelurahan.

“Tujuan kegiatan ini adalah melakukan evaluasi sekaligus sarana kita melakukan sosialisasi berbagai kegiatan untuk mendorong program kerja posyandu di tingkat desa dan kelurahan agar lebih maksimal lagi,” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Senin.

Ada beberapa catatan dalam rapat yang dilaksanakan oleh pihaknya, salah satunya mendorong bagaimana dari 426 posyadu yang ada di Kabupaten Kapuas ini bisa ditingkatkan statusnya dari status Madya menjadi Purnama atau Mandiri, sehingga tingkat keaktifan Posyandu di kabupaten setempat kedepannya akan lebih meningkat.

Pihaknya mendorong agar posyandu lebih maksimal dan lebih aktif lagi perannya untuk mendorong program-program pengentasan stunting. Selain itu dalam hal pengentasan masalah perbaikan gizi baik untuk balita maupun untuk lanjut usia atau lansia.

Baca juga: Pemprov Kalteng salurkan 3.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kapuas

“Komitmen kita bersama hari ini, setelah rapat ini nanti semua pokja kecamatan akan menindaklanjuti dengan melakukan evaluasi terhadap keberadaan posyandu yang ada di wilayah kerjanya masing-masing untuk ditingkatkan statusnya dan dievaluasi kendala-kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam rangka pengembangan posyandu,” harapnya.

Melalui kegiatan ini, harapannya semua Pokjanal di tingkat kabupaten maupun kecamatan memiliki visi yang sama dan strategi yang sama. Tujuannya agar posyandu bisa lebih berperan aktif lagi untuk meningkatkan kualitas gizi dan kualitas kesehatan masyarakat di desa khususnya untuk balita dan ibu hamil.

“Harapan Kita semua Pokjanal memiliki visi yang sama dalam rangka meningkatkan kualitas gizi dan kualitas kesehatan masyarakat di desanya,” demikian Budi Kurniawan.

Sementara dalam rapat tersebut pesertanya terdiri dari perangkat daerah terkait, Camat, TP-PKK kecamatan, Pokjanal kecamatan dan sejumlah kader posnyadu Se-Kapuas.

Baca juga: 1.210 anggota BPD dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya

Baca juga: Kapuas kirim 200 orang peserta ikuti Pesparawi XVII di Pulang Pisau

Baca juga: Pemprov Kalteng apresiasi pelaksanaan Kapuas Bersholawat