Pemprov Kalteng salurkan 3.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kapuas

id Pemprov Kalteng salurkan 3.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kapuas, kalteng, kapuas, pemkab Kapuas, pemprov kalteng, sembako

Pemprov Kalteng salurkan 3.000 paket sembako murah untuk masyarakat Kapuas

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, memberikan sambutan pada pembukaan pasar murah di Kabupaten Kapuas, Minggu (30/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Stasistik Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan sebanyak 3.000 paket sembako murah untuk Kabupaten Kapuas, dalam kegiatan pasar murah yang dilaksanakan di tiga titik di daerah setempat, Minggu.

“Kita berharap dengan adanya pasar murah ini bisa menstabilkan harga yang ada di pasaran,” kata Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, saat membuka pasar murah di halaman kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Disdagperinkop UKM) Kabupaten Kapuas.

Kegiatan pasar murah di Kabupaten Kapuas ini rencananya akan dilaksanakan pada tiga tempat, yaitu di halaman kantor Disdagperinkop UKM Kapuas, kantor Desa Palinget dan kantor Camat Basarang.

Edy menjelaskan, tujuan kedatangan rombongannya tersebut untuk melihat bagaimana stabilitas harga pangan yang ada di masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Agar harganya normal, maka pemerintah melakukan intervensi harga untuk membantu masyarakat dengan adanya subsidi dari pemerintah,” terangnya.

Baca juga: 1.210 anggota BPD dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya

Dijelaskannya, kegiatan pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka menjaga inflasi atau kenaikan harga. Oleh karena itu Pemprov Kalteng akan melakukan secara kontinyu atau terus menerus, supaya warga masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga murah.

Pada kesempatan ini, Pemprov Kalteng menyalurkan bantuan sebanyak 3.000 paket sembako murah, terdiri dari 10 kg beras dan satu liter minyak goreng. Dalam satu paket senilai Rp192.500, disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500 dan masyarakat cukup membayar sebesar Rp20.000.

“Namun tadi, yang Rp20 ribunya kembali dibantu oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran bersama dengan Ketua DPD KNPI Kalteng Alfian Mawardi, sehingga paket sembakonya digratiskan,” demikian Edy Pratowo.

Sebagai bentuk perhatiannya, Gubernur dan Wagub Kalteng juga memberikan santunan kepada sejumlah ibu hamil, sebesar Rp1 juta rupiah per orang.

Kegiatan pasar murah di Kapuas ini dihadiri pula oleh Staf Ahli Gubernur Yuas Elko, kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Kalteng, Sekretaris DPRD Kalteng, Sekda Kabupaten Kapuas, Septedy, mewakili Forkopimda Kabupaten Kapuas, dan masyarakat setempat.

Baca juga: Kapuas kirim 200 orang peserta ikuti Pesparawi XVII di Pulang Pisau

Baca juga: Pj Bupati terima berbagai usulan warga Anjir Mambulau Barat

Baca juga: Pemprov Kalteng apresiasi pelaksanaan Kapuas Bersholawat