Kloter BDJ 08 tutup kepulangan jamaah haji Kalteng

id Kloter BDJ 08 tutup kepulangan jamaah haji Kalteng, kalteng, Palangka raya, haji, jch, Agama

Kloter BDJ 08 tutup kepulangan jamaah haji Kalteng

Ilustrasi kepulangan jamaah haji Kalteng. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 320 jamaah haji dan petugas haji Kelompok Terbang (Kloter) BDJ 08 gabungan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan yang tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada Rabu (03/07) menutup kepulangan jamaah haji asal Kalteng.

"Mereka tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin kemarin pukul 15.30 Wita menggunakan pesawat Garuda nomor penerbangan GA8208," kata Kepala Kantor Wilayah (Ka Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan H Noor Fahmi di Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan, usai tiba di terminal bandara, para jemaah haji menggunakan bus menuju asrama haji. Para keluarga jemaah langsung menyambut di depan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Jl. A Yani KM 28 Landasan Ulin Banjarbaru.

Kakanwil mengatakan jemaah Kloter BDJ 08 terdiri dari jemaah haji Kalteng asal Kota Palangka Raya 99 orang, Kabupaten Kapuas dua orang, Kabupaten Barito Timur satu orang sehingga keseluruhan 102 orang. Sedangkan dari Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan berjumlah 211 orang.

Baca juga: Pemkab Barsel bersyukur jamaah haji tiba dengan selamat

“Jumlah jemaah Kloter BDJ 08 yang pulang berjumlah 315 orang ditambah petugas lima orang sehingga totalnya 320 orang," bebernya.

Dia mengatakan, jamaah haji mendapatkan jamuan makan Soto Banjar dan Sate dari gubernur Provinsi Kalimantan Tengah di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru Kalimantan Selatan setelah prosesi penerimaan selesai dan beristirahat di asrama haji sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Noor Fahmi mengatakan, dengan kepulangan Kloter 8 BDJ, maka 1.688 jemaah Kalteng tahun 2024 telah kembali semua ke Tanah Air seluruh 1688 telah tiba di tanah air dikurang satu orang yang wafat di Arab Saudi yaitu jamaah dari Kabupaten Barito Selatan.

"Terima Kasih kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota yang telah memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dari dan ke Asrama Haji Banjarmasin," katanya.

Baca juga: Rombongan terakhir jamaah haji Kapuas tiba dengan selamat

Baca juga: Suasana haru sambut kedatangan jamaah haji Kotim

Baca juga: Seorang haji asal Kalsel wafat dalam pesawat saat pulang ke tanah air