Pemkab Barsel bersyukur jamaah haji tiba dengan selamat

id Pemkab Barselbersyukur jamaah haji tiba dengan selamat, kalteng, haji, jamaah haji, barsel, Barito selatan

Pemkab Barsel bersyukur jamaah haji tiba dengan selamat

Sekda Barsel, Eddy Purwanto bersalaman dengan jamaah haji Barsel pada acara penyambutan, di Buntok, Selasa (2/7). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyambut kedatangan 149 orang jamaah haji asal kabupaten setempat yang tiba seusai menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. 

"Atas nama pemerintah kabupaten dan masyarakat Barito Selatan, saya mengucapkan selamat datang dan semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," kata Sekretaris Daerah Barito Selatan, Eddy Purwanto, di Buntok, Selasa.

Kedatangan jamaah haji asal Barito Selatan menggunakan empat unit bus dari Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan tersebut tiba di depan halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok sekitar pukul 16.00 WIB.

Dikatakannya, sepulangnya dari Tanah Suci Makkah, jamaah haji diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. 

Ia juga berharap kepada jamaah haji dapat berperan menjadi teladan di masyarakat guna bersama-sama membangun Kabupaten Barito Selatan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Menurut dia, pencerminan sikap perilaku sebagai haji yang mabrur merupakan tantangan bagi jamaah haji guna meningkatkan amal perbuatan yang baik.

"Khususnya, terkait kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kemiskinan serta mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama Islam," ucapnya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan.

Menurutnya, haji yang mabrur pada hakikatnya, haji yang dapat membuatnya semakin peduli terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan.

Baca juga: Polres Barsel berkomitmen terus tingkatkan kinerja

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Arbaja mengatakan, jumlah jamaah haji asal Barsel yang diberangkatkan sebanyak 150 orang dan satu orang meninggal dunia di Makkah, sehingga yang tiba sebanyak 149 orang.

"Kita juga sangat bersyukur, karena jamaah haji yang tiba dari menjalankan ibadah haji tersebut dalam kondisi sehat wal afiat," kata dia.

Sementara ketua rombongan haji Barito Selatan, Akhmad Akmal Husein mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui Kantor Kementerian Agama setempat yang telah memberikan pelayanan, bimbingan dan fasilitas yang sangat baik sebelum jamaah haji diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah maupun saat tiba di tanah air.

Untuk pelayanan dan fasilitas yang diberikan sudah sangat baik dan diharapkan kedepannya dapat semakin ditingkatkan lagi, sehingga pelayanan dan fasilitas yang diberikan terhadap jamaah haji Barito Selatan tahun depan bisa menjadi semakin nyaman dan semakin lebih baik lagi.

Sedangkan cuaca pada saat melaksanakan ibadah haji kata dia, masuk pada musim panas dan bahkan suhunya ada yang mencapai di atas 50 derajat celcius.

"Alhamdulillah, selama melaksanakan ibadah puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala yang berarti," demikian kata Akhmad Akmal Husein yang juga Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barito Selatan itu.

Acara penyambutan yang berlangsung di Masjid Agung Baiturrahman Buntok tersebut dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah dan tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah setempat.

Baca juga: Pelaku UMKM untung besar dari kejurprov motoprix Pj Bupati Barsel

Baca juga: Kejurprov motoprix Pj Bupati Barsel diikuti ratusan pembalap dari berbagai provinsi

Baca juga: Pemkab Barsel sambut positif KKN mahasiswa UGM