Kejurprov motoprix Pj Bupati Barsel diikuti ratusan pembalap dari berbagai provinsi

id Kejurprov motoprix penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, penjabat Bupati Barito Selatan, Barito Selatan, Kalteng, Barsel

Kejurprov motoprix Pj Bupati Barsel diikuti ratusan pembalap dari berbagai provinsi

Sejumlah pembalap sedang bertanding pada kejurprov motoprix Pj Bupati Barito Selatan di Buntok, Minggu (30/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) motoprix penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, yang berlangsung di Jalan Komplek Pelajar Stadion Batuah Buntok, diikuti ratusan pembalap dari berbagai provinsi.

Sekda Barito Selatan Edi Purwanto di Buntok, Minggu, mengatakan kejurprov memperebutkan piala Pj Bupati Barsel itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Barsel ke 65 tahun 2024," kata Sekda Barito Selatan, Edi Purwanto, di Buntok, Minggu.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini juga untuk meningkatkan kembali olahraga tersebut guna menumbuh kembangkan bakat para pembalap," tambahnya.

Dia pun menyebut bahwa Pj Bupati Barsel berharap event seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan, karena salah satu cara untuk mencari bibit-bibit pembalap handal di kabupaten ini, sehingga kedepannya dapat berkompetisi di event yang lebih tinggi tingkatannya.

Edi Purwanto itu juga mengatakan bahwa para pembalap yang bertanding di kejurprov ini dapat menjunjung tinggi sportifitas dan memegang teguh fair play, serta berlomba lah dengan rasa persahabatan dan persaudaraan.

"Hal itu agar dapat memupuk rasa  persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, dapat memaksimalkan potensi guna meraih prestasi yang optimal," ucap Sekda mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan.

Selain itu, ia juga berharap, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi UMKM, pariwisata dan pemulihan kembali perekonomian ke arah percepatan pembangunan Barito Selatan.

Sementara itu, Ketua panitia, Joni Priawan mengatakan, jumlah pembalap yang berlaga pada Kejurprov motoprix Pj Bupati Barito Selatan ini sebanyak 123 peserta.

"Ratusan pembalap yang berasal dari Kalteng, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Timur (Kaltim) ini, mengikuti 22 klas yang dipertandingkan," beber dia.

Baca juga: Pemkab Barsel sambut positif KKN mahasiswa UGM

Adapun jumlah starter dalam kejurprov yang berlangsung selama dua hari dari 29-30 Juni 2024 tersebut sebanyak 262 starter. Sementara untuk total hadiah yang diperebutkan dari 22 klas dipertandingkan itu, mencapai Rp140 juta.

Joni Priawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan itu menyebut, pihaknya juga menyediakan sebanyak tiga unit motor bagi juara umum tiga kategori klas yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini.


"Bagi juara umum Kejurprov motoprix, juara umum open dan juara umum lokal Barsel akan mendapatkan masing-masing satu unit sepeda motor. Sedangkan masyarakat yang ingin menyaksikan laga kejuaraan provinsi motoprix ini, digratiskan oleh panitia," demikian Joni Priawan.

Baca juga: KPM Barito Selatan sangat terbantu program bantuan pangan melalui Bulog

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel harapkan kunjungan Presiden jadi momentum tingkatkan kinerja

Baca juga: Jokowi tinjau pasar dan salurkan bantuan pangan cadangan beras di Barsel