Suasana haru sambut kedatangan jamaah haji Kotim

id Suasana haru sambut kedatangan jamaah haji Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Bupati kotim, Halikinnor, haji

Suasana haru sambut kedatangan jamaah haji Kotim

Bupati Halikinnor menyambut rombongan jamaah haji Kotim di Bandara Sampit, Senin (1/7/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Setelah sebulan lebih menunaikan ibadah di Tanah Suci, Mekkah, jamaah haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah yang berjumlah 161 orang kembali dengan selamat dan disambut dengan suasana haru.

“Alhamdulillah, pada hari yang cerah ini jamaah haji kita tiba kembali di Sampit dan semua lengkap, mudah-mudahan mereka menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” kata Bupati Kotim Halikinnor di Sampit, Senin. 

Halikinnor bersama Wakil Bupati Kotim Irawati, Asisten II Setda Kotim, Kemenag Kotim, Ketua MUI, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menyambut kedatangan rombongan jamaah haji di Bandara Haji Asan Sampit. 

Sehari sebelumnya, Minggu (30/6) jamaah haji Kotim yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 06 bersama Kabupaten Katingan dan Kapuas tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Rombongan jamaah haji menginap satu malam di Banjarmasin, lalu dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Khususnya untuk jamaah haji Kotim dibagi dalam dua kelompok pemulangan. 

Kelompok pertama berjumlah 84 jamaah bersama tiga pendamping tiba di Bandara Haji Asan Sampit sekira pukul 08:25 WIB, disusul kelompok kedua 66 jamaah bersama empat pendamping pada pukul 11:35 WIB.

Pemulangan jamaah haji Kotim dari debarkasi Banjarmasin menggunakan pesawat dari Maskapai Nam Air yang disewa oleh Pemkab Kotim khusus untuk para jamaah. 

Halikinnor bersyukur jamaah haji Kotim tahun ini kembali dalam keadaan lengkap, tanpa ada jamaah yang wafat di Tanah Suci, meski ada beberapa jamaah yang sakit dan harus dibantu menggunakan kursi roda.

“Selamat datang kembali di Tanah Air, semoga para jamaah bisa memberikan teladan yang baik bagi masyarakat. Terima kasih juga atas doa-doanya untuk daerah ini,” ucap Halikinnor. 

Baca juga: KPU Kalteng ajak masyarakat aktif memastikan masuk daftar pemilih

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada jamaah haji yang turut mendoakan kebaikan daerah. Salah satunya dengan kunjungan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo di Kotim yang berjalan lancar. 

Sambutan hangat juga disampaikan Irawati kepada para jamaah haji. Ia berharap meski telah kembali ke tanah air para jamaah tetap menjaga keimanan dan ketakwaan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kalau kita senantiasa menjaga hubungan dengan Allah tentu kita akan dihindarkan dari hal-hal negatif,” tuturnya. 

Irawati juga berpesan agar para jamaah bisa menjadi panutan dan tokoh masyarakat yang memberikan dampak positif di lingkungan masing-masing. 

“Selamat datang kembali di tanah air, selamat berkumpul kembali dengan keluarga,” pungkasnya.

Seorang jamaah haji, Hubairah bersyukur bisa kembali ke Tanah Air dalam keadaan selamat. Ia mengakui perbedaan cuaca di Arab Saudi dan Indonesia sangat berdampak pada kondisi fisik dirinya. 

“Beradaptasi dengan perubahan cuaca memang sulit, tapi dengan hati yang bahagia kami tetap melaksanakan ibadah haji. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ucapnya. 

Hubairah pun berterima kasih kepada pemerintah daerah yang menyediakan fasilitas pesawat terbang dari debarkasi Banjarmasin ke Sampit, sebab jika harus melakukan perjalanan menggunakan bus akan sangat melelahkan terutama bagi jamaah yang lanjut usia. 

Baca juga: Disdik Kotim tindak lanjuti hasil SPI Pendidikan oleh KPK

Baca juga: Polres Kotim gagalkan penyalahgunaan ratusan sak pupuk subsidi

Baca juga: Fraksi Golkar ingatkan Pemkab Kotim konsisten terhadap program prioritas